Sudirman: Kita Akan Tumbuhkan Banyak Pengusaha di Jateng Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan banyak cara yang bisa dilakukan, untuk mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah. Salah satunya, dengan memberdayakan dan menambah jumlah pedagang di provinsi ini.

Menurutnya, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng jumlah penduduk miskin sebanyak 12,34 persen. Namun, jika semakin banyak pedagang atau wirausaha baru tumbuh, maka target menurunkan angka kemiskinan menjadi enam persen dalam lima tahun bisa terwujud.

Hanya saja, jelas Sudirman, upaya tersebut bisa terwujud jika semua pihak memberi dukungan. Mulai dari pemerintah, pengusaha dan juga masyarakatnya. Dengan demikian, upaya menyejahterakan masyarakat Jateng bisa tercapai.

“Negara ini tegak karena tiga pilar. Yang pertama adalah pemerintahan bersih dan jujur melayani masyarakat, kedua pelaku ekonominya tanggung jawab dan mau berusaha keras. Sedangkan pilar ketiga adalah masyarakat sipil yang terdiri dari media, partai politik dan LSM. Kalau mau kemiskinan diturunkan dari sekarang 12,34 persen dan masih ada 15 kabupaten masuk daerah sangat miskin, maka jumlah pedagang atau wirausahanya harus ditambahkan. Menumbuhkan banyak orang mau membuka usaha,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, upaya lainnya yang akan dimaksimalkan adalah melalui program yang digulirkan pasangannya, Ida Fauziyah. Yakni dengan membuat program sejuta wirausaha perempuan atau Setara.

” Dari seluruh pedagang yang ada di Jateng, sekira 65 persennya adalah kalangan perempuan,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: Silakan Petani Bentuk Kelompok Untuk Ajukan RDKK Pupuk
Artikel selanjutnyaPengembang Perumahan Sebut Ekonomi Belum Membaik