Jonan: Saya Minta PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Menteri ESDM Ignasius Jonan (kiri) berdialog dengan jajaran PLN APB Jateng-DIY, kemarin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), pasokan listrik yang ada di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta dipastikan tetap aman dan tidak terjadi pemadaman listrik tidak terencana. Hal itu dikatakannya saat meninjau PLN Area Pengatur Beban (APB) Jateng-DIY di Ungaran, Kamis (13/12) kemarin.

Jonan menjelaskan, pihaknya meminta kepada jajaran PLN, untuk selalu memantau dan memastikan pasokan listrik di Jateng-DIY aman. Sebab, kedua wilayah itu merupakan daerah wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur Nataru.

“Persoalan listrik yang akan digunakan untuk kegiatan operasi Natal dan Tahun Baru. Biasanya memang kalau daerah wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dilihat pasokannya cukup engga. Menurut temen-temen PLN, banyak industri besar yang mungkin akan mengurangi aktivitasnya dan bisa digunakan untuk tambahan beban lain,” kata Jonan.

Lebih lanjut Jonan menjelaskan, pada saat libur Nataru banyak industri besar yang meliburkan karyawannya menjelang akhir tahun. Sehingga, semestinya ada pengurangan beban.

“Katanya sih, tradisinya berkurang sekitar 30 persen. Jadi tidak ada masalah, dan secara nasional juga relatif tidak ada masalah,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin menyatakan selama menghadapi liburan Nataru, pihaknya sudah menyiagakan petugas di gardu induk.

“Petugas jaga selalu ada, tapi pada Nataru tidak ada pemeliharaan. Biasanya H-5 dan H+5. Jadi, tanggal 20 Desember itu terakhir pemeliharaan untuk jaringan dan dilakukan lagi pada 5 Januari 2019,” ujar Amir. (Bud)

Artikel sebelumnyaJateng Terbuka Untuk Investasi Infrastruktur Energi dan Gas
Artikel selanjutnyaTol Trans Jawa Tersambung, Jonan: Pertamina Sediakan SPBU Kantong Untuk Pemudik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini