Peternak Keluhkan Kesulitan Pangan Jagung Kepada Ganjar Pranowo

Kendal, Idola 92.6 FM – Kesulitan mendapatkan jagung menjadi topik utama, ketika Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo bertemu dengan Pinsar Petelur Nasional (PPN) Kabupaten Kendal, kemarin.

Ketua PPN Kendal Suwardi mengeluh, jika kebutuhan pakan ayam mulai susah didapat. Terutama untuk jagung, yang merupakan pakan utama ayam.

Menurutnya, para peternak ayam di Kendal kesulitan mendapatkan suplai jagung sebagai bahan baku utama pakan.

Suwardi mengatakan apabila Ganjar kembali memimpin Jawa Tengah, mampu mengkomunikasikan kesulitan peternak kepada pemerintah pusat.

Salah satu kebutuhannya adalah pembangunan gudang jagung di wilayahnya. Sehingga, dengan gudang jagung itu bisa untuk memenuhi kebutuhan peternak sampai sebulan ke depan.

Dirinya menjelaskan, kebutuhan rerata pakan jagung di Kendal kurang lebih 1.600 ton per hari. Biasanya, pakan jagung dan stok jagung diambil dari petani lokal dan juga dari daerah lain.

“Harapan saya kepada Pak Ganjar adalah ketersediaan jagung. Jagung ini sangat krusial, karena 50 persen pakan ternak itu dari jagung. 2016-2017 kita sampai mendatangkan dari Brasil, waktu itu impor sampai 200 ribu ton dan dibagi untuk tiga provinsi. Kalau di Jateng pengguna terbanyak di Kendal, dan Kendal secara nasional populasinya nomor dua, yang nomor satu Blitar. Di Kendal itu ada 800an peternak,” kata Suwardi.

Selain meminta pembangunan gudang jagung di wilayahnya, lanjut Suwardi, para peternak juga mengeluhkan tentang harga jual telur ayam di pasaran. (Bud)

Artikel sebelumnyaMuslimat NU Inginkan Kadernya Pimpin Jateng
Artikel selanjutnyaKapolda: Hati-hati Kejahatan Jalanan Biasanya Meningkat Jelang Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini