Rp9,7 Triliun Disiapkan Untuk Memenuhi Kebutuhan Uang Saat Lebaran

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo mengatakan untuk memenuhi kebutuhan uang bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya menjelang Lebaran, pihaknya menyiapkan Rp9,7 triliun. Terdiri dari pecahan besar maupun kecil. Jumlah itu lebih besar dari Lebaran kemarin atau naik 14 persen dari sebelumya Rp8,6 triliun.

Ponco menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, dalam rangka menghadapi kebutuhan uang masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran. Yakni dengan mengoptimalkan pendistribusian dan persediaan uang tunai.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, maka pihaknya akan memenuhi kebutuhan uang tunai menjelang Lebaran. Sehingga, uang dengan pecahan besar akan ditambah stoknya sebanyak 13 persen dari realisasi tahun sebelumnya. Sedangkan untuk pecahan nominal kecil, juga ditambah stoknya sebesar 23 persen.

Ponco menjelaskan, khusus untuk melayani masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya, BI Jateng menggandeng delapan perbankan umum guna melayani penukaran uang di kompleks Tri Lomba Juang Semarang mulai 21-24 Mei 2018. Dalam setiap harinya, akan melayani kurang lebih 800 orang dan masing-masing pecahan dibatasi maksimal Rp3,7 juta.

“Nah untuk Semarang sendiri ada sekitar Rp9,7 triliun. Uang sebesar ini tentu saja harapannya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, baik perbankan maupun masyarakat umum yang butuh pecahan kecil. Kita kerja sama dengan delapan perbankan di Semarang, enam bank pemerintah dan sisanya bank swasta. Kita layani penukaran uang di sini sampai Kamis,” kata Ponco, Senin (21/5).

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, secara keseluruhan di wilayah Jateng disiapkan uang tunai sebanyak Rp23,2 triliun atau mengalami kenaikan 14 persen dari sebelumnya yang hanya Rp20,4 triliun. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenhub: Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Saya Pastikan Bisa Operasional Lebaran Nanti
Artikel selanjutnyaSetiap Ramadan Tiba, Ganjar Nyekar ke Makam Leluhur Sambil Jaga Silaturahim

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini