Tahun Pilkada, Pangdam Siap Amankan Wilayah Jawa Tengah

Semarang, Idola 92.6 FM-Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto mengatakan wilayah Jateng diprediksi suasananya kondusif dan damai, karena selama sejarahnya pemilihan kepala daerah (pilkada) tidaak pernah terjadi gesekan.

Namun, tahun ini akan sedikit berbeda dibanding pelaksanaan pilkada sebelumnya. Mengingat, gelaran Pilkada DKI Jakarta yang terjadi pada 2017 kemarin masih terbawa hingga sekarang. Sehingga, sebagai pimpinan TNI di provinsi ini dirinya siap mengantisipasi berbagai kerawanan keamanan yang menyangkut pesta demokrasi rakyat tersebut.

Dirinya juga telah memerintahkan jajaran, untuk membuat peta kewilayahan terkait pemetaan kerawanan yang menjadi ancaman di pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

“Kalau Pilkada Jakarta yang terjadi dua kelompok saling berhadapan. Antara nasionalis dan agama. Semua diusung ke Jakarta dan kelihatannya, tema-tema tersebut dibawa sampai ke pilkada sekarang dan mungkin akan dibawa ke Pemilu 2019. Sebab, Pemilu 2019 sarat dengan kepentingan dan semua harus menang,” kata pangdam.

Lebih lanjut mantan kepala Pusat Penerangan TNI itu menjelaskan, untuk melakukan antisipasi pengamanan kewilayahan, TNI berkoordinasi dengan Polda Jateng dan kepolisian setempat di wilayah yang menggelar pilkada. Termasuk, menggandeng tokoh agama dan masyarakat setempat untuk memberi kesejukan dan kedamaian kepada warga serta umatnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMahalnya Harga Beras Harus Disikapi Dengan Data Produksi Yang Akurat
Artikel selanjutnyaGelombang Laut Masih Tinggi, Kapal Pertamina Belum Bisa Merapat ke Karimunjawa