Tjahjo: Kami Siapkan Surat Edaran Untuk Gubernur Yang Bantu Lombok Pakai Anggaran Daerah

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan menyiapkan aturan khusus atau payung hukum, terkait permintaan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meminta bantuan keuangan dari sejumlah gubernur se-Indonesia.

Menurutnya, Kemendagri memersilakan pemerintah daerah lain di luar NTB menggulirkan bantuan untuk bencana gempa bumi Lombok berupa uang.

Tjahjo menjelaskan, pemda diperbolehkan menggunakan anggaran daerahnya daripada sisa dan tidak terpakai untuk disalurkan ke Lombok. Pihaknya akan membuat surat edaran, untuk memerkuat surat permintaan dari Pemprov NTB tersebut. Sehingga, tidak akan timbul persoalan hukum di kemudian hari.

“Pemerintah pusat sudah menjamin, anggaran juga sudah disiapkan Kemenkeu. Anggaran dari swasta dan dari lembaga lain serta TNI/Polri juga sudah ada dan siap membantu. Memang ada surat dari Pemda NTB yang ditujukan kepada seluruh gubernur se-Indonesia, intinya supaya ikut membantu dalam wujud uang. Kami juga dapat surat dari pemda-pemda yang minta Kemendagri menyiapkan payung hukum, agar tidak melanggar hukum,” kata Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, masyarakat Indonesia tidak perlu ragu dengan pemerintah pusat. Karena, bantuan untuk warga Lombok sudah dipersiapkan. Baik bantuan keuangan setelah bencana, maupun bantuan logistik.

“Kalau ada daerah yang perlengkapan kebencanaannya mumpunin segera saja kirim ke Lombok. Kayak tenda untuk pengungsi, pinjamkan dulu ke NTB,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaTambah Apotek Pengampu, BPJS Kesehatan Ingin Pastikan Tak Ada Kekosongan Obat Untuk Program PRB
Artikel selanjutnyaMasjid Kadilangu Demak Dapat Bantuan Rp2 Miliar Dari Bangsawan Asal Malaysia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini