MenPAN-RB Minta Pemda Buat Mal Pelayanan Publik Untuk Mudahkan Masyarakat

Tjahjo Kumolo
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo saat meninjau Mal Pelayanan Publik yang ada di Kabupaten Batang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kehadiran pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mudah, murah dan cepat menjadi cita-cita dari pemerintahan Presiden Joko Widodo bersama Wapres Ma’ruf Amin. Sehingga, setiap kabupaten/kota didorong untuk membuat tempat pelayanan publik dalam satu lokasi.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi langkah dari Pemprov Jawa Tengah, yang serius dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Yakni melalui penyediaan Mal Pelayanan Publik.

Tjahjo Kumolo mengatakan seluruh kabupaten/kota di Jateng dalam waktu dua tahun ke depan diharapkan memiliki fasilitas pelayanan publik. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat semakin cepat dan mudah.

Menurutnya, Pemkab Batang sudah mengawali dengan mendirikan Mal Pelayanan Publik dengan bekerja sama berbagai instansi. Kantor itu bisa melayani pembuatan paspor atau SIM, BPJS dan pelayanan Kantor Pos.

“Jangan malu-malu daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah itu bisa meniru Batang, Banyumas dan Kebumen. Paling tidak, target dua tahun atau paling lama lima tahun ini semua daerah sudah punya mal ini (pelayanan publik). Memudahkan warganya untuk mencari akses bagi warganya, yang akan mengurus dokumen kependudukan. Tidak terkecuali, bisa mengurus nikah di sana,” kata Tjahjo, kemarin.

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, setiap daerah di Jateng yang belum memiliki Mal Pelayanan Publik bisa segera mewujudkannya. Paling tidak, ditargetkan pada tahun depan sudah bisa terealisasi.

Sebab, jelas Ganjar, Mal Pelayanan Publik merupakan inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya kira, mesti berinisiatif saja semuanya dari kabupaten/kota. Kalau menurut saya, tahun depan sudah bisa selesai semua. Wong ini barang tidak sulit kok. Yang belum menyiapkan, kita minta agar disiapkan di tahun 2021. Karena di tahun 2021, perencanaan pembangunan sudah dimulai,” ujar Ganjar.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, beberapa daerah yang siap menyusul adalah Kendal, Wonogiri dan Pati. Dengan adanya Mal Pelayanan Publik, maka pelayanan kepada masyarakat semakin optimal. (Bud)

Artikel sebelumnya[PhotoEvent] Idola Business Gathering Edisi Januari 2020
Artikel selanjutnyaPolrestabes Semarang Bongkar Klinik Kecantikan Ilegal di Semarang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini