DPRD Jateng Ketok Palu APBD 2020 Pekan Depan

Semarang, Idola 92.6 FM – Pembahasan APBD 2020 akan segera dirampungkan DPRD Jawa Tengah, dan targetnya bisa selesai sebelum akhir bulan ini.

Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020, saat ini terus dikebut pembahasannya. Saat ini, pembahasannya masih di tingkat komisi.

Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri sudah menetapkan batas akhir pengesahan APBD 2020 adalah 30 November mendatang.

Apabila melebihi batas waktu yang ditetapkan, jelas Bambang, maka akan ada sanksi administrasi yang dijatuhkan. Yakni, anggota dewan tidak menerima gaji selama enam bulan.

“Tanggal 12 November nanti dok, dan nilainya Rp28 triliun lebih berapa gitu. Paling besar kalau bicara masalah itu, ya mesti belanja publik 60 persen dan belanja pegawainya 40 persen. Tahun kemarin itu Rp27 triliun sekian, dan tahun ini naik sekitar Rp1 triliun sekian kurang lebih,” kata Bambang, kemarin.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, APBD 2020 harus dilakukan pembahasan secara cepat. Sebab, terdapat komposisi pos anggaran bantuan provinsi ke kabupaten/kota.

“Jika sudah jadi APBD, postur anggaran bisa dibuka ke publik. Masyarakat bisa lihat, dan saya minta humas menampilkan ke website,” jelasnya.

Diketahui, APBD Jateng 2020 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada 2018 kemarin, tercatat APBD Jateng kurang lebih Rp27 triliun sedangkan sekarang naik sekira Rp28 triliun. (Bud)