Ganjar: Petani Jateng Harus Manfaatkan Kartu Tani Dengan Baik

Gubernur Ganjar Pranowo saat menggelar pasar murah untuk cabai merah keriting di halaman gubernuran, kemarin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kartu tani sudah lama digulirkan untuk petani di wilayah Jawa Tengah. Tujuannya, untuk merekam data kebutuhan petani di provinsi ini.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan kartu tani yang sudah diterapkan itu, merupakan solusi paling tepat untuk mengendalikan stabilitas harga dan komoditas pertanian. Karena, dengan kartu tani itu, pemerintah ikut campur tangan dalam pengendalian harga di pasaran.

Menurutnya, kartu tani tidak hanya berbicara soal pupuk saja tapi juga merupakan data aktivitas pertanian yang ada di Jateng.

Ganjar menjelaskan, dengan kartu tani yang sudah diterima para petani di provinsi ini bisa merekam aktivitas pertanian sejak pembelian bibit hingga masa panennya. Jika data pertanian itu terekam, maka bisa dipantau dan dikontrol harganya.

“Sebenarnya kartu tani saya itu tidak hanya sekadar cerita tentang pupuk, itu cerita para petani. Hari ini baru ketahuan kan, kawan-kawan maka saya tanya anda tanam apa, di mana, kapan, komoditasnya apa. Ini untuk ngecek, sehingga nanti tiga bulan ke depan saya bisa pantau, oh ada pemupukan di sana,” kata Ganjar, Selasa (15/1).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan kartu tani maka tidak ada keluhan dari petani di lapangan. Termasuk, keluhan petani cabai yang merasa harga cabainya anjlok saat panen. (Bud)

Artikel sebelumnyaMendikbud Prioritaskan Guru Produktif Untuk Cetak Siswa SMK Siap Kerja
Artikel selanjutnyaPemprov Dorong Warga Jateng Cintai Kebersihan Sungai

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini