Harga Rumah Subsidi Belum Naik, Pengembang Masih Mikir Bangun Lagi

Salah satu konsumen sedang mendengarkan penjelasan dari sales perumahan tentang produk yang ditawarkan.

Semarang, Idola 92.6 FM – Pengembang rumah masih menunggu keputusan pemerintah, yang akan menaikkan harga rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Jawa Tengah MR Prijanto mengatakan banyak pengembang rumah subsidi di provinsi ini yang kemudian memilih menunda membangun rumah murah, dengan alasan harga jualnya belum masuk. Karena, jika menjual dengan harga lama maka margin yang didapat sangat sedikit.

Menurutnya, dengan harga masih sama para pengembang akan mengurangi margin karena harga tanah sudah naik tapi harga rumah belum naik.

Prijanto menjelaskan, bagi developer yang masih mempunyai stok rumah 2018, sekarang kesempatan untuk dihabiskannya dengan harga lama. Harapannya, pada April 2019 ini ada penyesuaian harga yang dikeluarkan pemerintah.

“Dari pemerintah itu kenaikan harga yang harusnya sudah bisa diberikan pada Januari-Maret ini, tapi belum keluar. Kalau Jawa Tengah ini harga untuk rumah MBR itu Rp130 juta per unit. Lima tahun yang lalu naiknya lima persen, dan tahun ini lebih dari lima persen. Perkiraan kami, harga rumah untuk MBR tahun ini bisa sampai Rp140 juta per unit,” kata Prijanto, Jumat (5/4).

Lebih lanjut Prijanto menjelaskan, untuk lokasi di Jateng yang masih bisa dikembangkan untuk pembangunan rumah subsidi ada di beberapa kabupaten/kota. Misalnya di wilayah Banyumas Raya, Solo Raya dan di Kabupaten Kendal.

“Kalau wilayah Semarang, sudah pasti tidak ada lagi lahan yang bisa dipakai untuk pembangunan rumah bersubsidi. Tapi kalau Kedungsapur, yang cocok ya wilayah Demak atau kendal,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Mewujudkan Toleransi agar Melekat Menjadi Kimiawi atau DNA bagi Bangsa, bukan Semata Kosmetik?
Artikel selanjutnyaKPU Jateng Terus Didorong Sosialisasikan Suket Pengganti KTP Elektronik Untuk Nyoblos

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini