Investasi Menggiurkan Di Semarang

Masa kuliah adalah masa paling rentan anak terhadap gangguan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), penyakit sosial masyarakat, dan perilaku-perilaku negatif lainnya. Maka itu banyak orang tua yang merasa was-was ketika ditinggal jauh putra-putrinya yang sedang kuliah. Sebagian kemudian mencarikan tempat tinggal yang dinilainya cukup aman, misalnya di kos-kosan ekslusif yang pintu gerbangnya selalu tertutup dan dijaga petugas keamanan 24 jam nonstop.

Selain menjanjikan pengembalian investasi 51 persen selama tiga tahun pertama, apartemen ini juga memberikan solusi para orang tua yang mencari tempat tinggal aman untuk anaknya selama kuliah di Semarang.

PT Cipta Pilar Persada (Pilar Properti) berupaya memenuhi kebutuhan para orang tua itu dengan mengembangkan Cordova Edupartment di dekat Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Tembalang. Lokasinya di perumahan elit Bukit Sari Jl Bukit Sari Raya, sekitar 300 m dari gerbang kampus universitas terkemuka di Jawa Tengah itu. “Lingkungannya hijau dan berbukit-bukit, nyaman banget untuk belajar. Selain dekat Kampus Undip, juga tidak jauh dari kampus- kampus lain seperti Politeknik Semarang (Polines), Universitas Pandanaran, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pendek kata, Cordova Edupartment berada di lingkungan orang-orang terpelajar,” papar JE Robbyantono, Presiden Direktur Pilar Properti.

Fasilitas yang disediakan pun lebih kekinian disesuaikan dengan kebutuhan sebagian besar calon penghuninya, yaitu para mahasiswa dan professional, serta pasangan keluarga muda. Aparteman antara lain akan dilengkapi educative & art facility, seperti amphitheatre, coworking space, reading park, dan art gallery. Kemudian untuk sport facility akan tersedia kolam renang, panjat dinding atau wall climbing, area skatepark, dan tempat latihan olah raga memanah (archery). Sementara untuk fasilitas keamanan, petugas keamanan berjaga 24 jam nonstop, didukung kamera CCTV di banyak titik, dan acces card untuk masing-masing penghuni. Kemudian untuk fasilitas publik ada café, free wifi, dan masjid modern di dekat loby utama untuk menunjang wawasan, kreativitas, dan kenyamanan beribadah para penghuni. “Ini apartemen pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas tempat ibadah sebagai ikon,” ujarnya.

Cordova Edupartment dibangun setinggi 19 lantai, desainnya dirancang ekslusif satu menara dengan konsep “smart & peace of mind” yaitu perpaduan unsur lingkungan yang mendukung iklim keilmuan dan kedamaian. Total jumlah huniannya sebanyak 655 unit di atas lahan seluas 4.697 m2. Acara ground breaking penanda dimulainya pembangunan apartemen telah dilaksanakan tanggal 12 Mei 2018 lalu. Bertindak sebagai main kontraktor adalah PT Adhi Persada Gedung, anak perusahaan BUMN PT Adhi Karya, Tbk. “Kami melakukan real ground breaking. Mulai saat itu juga kontraktor kami langsung mulai pembangunan. Makanya setelah berjalan 10 bulan, progress pembangunan hingga pertengehan Februari 2019 sudah mencapai 30 persen lebih,” katanya.

Proyek yang menelan investasi 250 miliar ini ditarget sudah mulai diserah-terimakan kepada para konsumen kurang dari dua tahun sejak ground breaking, atau Desember 2019.

Dalam mengembangkan Cordova Edupartment Pilar Properti bersinergi dengan PT Penta Dinamika Properti, anak perusahaan Dana Pensiun Pertamina (DPP) serta mendapat dukungan pembiayaan proyek dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) dari Bank BTN Syariah. Menurut Chief Marketing Officer Cordova Edupartment, Firman Ariadi Ekoputra, dengan masuknya DPP melalui PT Penta Dinamika Properti menjadikan permodalan PT Cipta Pilar Properti semakin kuat dan kian menambah kepercayaan konsumen.

Smart Investment, ROI 51 Persen Tiga Tahun

Menurut Firman salah satu kelebihan apartemen yang ia ditawarkan ini harganya paling kompetitif dibandingkan dengan apartemen-apartemen di sekitarnya, dan jadwal serah terimanya juga yang paling awal, sehingga ada ruang yang luas untuk menaikkan harganya. Saat ini harga unit di Cordova Edupartment baru Rp15 jutaan/m2, atau mulai Rp400 jutaan untuk tipe studio dan mulai Rp1,3 miliar untuk tipe tiga kamar tidur. Sedangkan di apartemen terdekat harga jualnya masing-masing sudah Rp18,3 jutaan dan Rp19.3 jutaan/m2.

Pada saat serah terima Desember 2019 nanti, harga Cordova Edupartment diproyeksikan akan naik menjadi Rp18 juta/m2, atau naik Rp 2 juta/m2, tapi masih di bawah dua apartemen pesaing terdekat yang diproyeksikan akan naik menjadi Rp19,6 juta dan 20,7 juta/m2. Pada saat dua apartemen terdekat serah terima yaitu satu apartemen pesaing pada September-Desember 2021 diproyeksikan harga jualnya naik menjadi Rp24 juta/ m2, harganya kurang lebih sama yang akan ditawarkan oleh satu apartemen pesaing terdekat lainnya. Sedangkan Codova Edupartment di level Rp23 juta/m2.

Nah, pada saat dua apartemen pesaing terdekat serah terima ,satu apartemen pesaing pada September-Desember 2022, harganya akan menjadi Rp25,7 juta/m2, dan satu apartemen pesaing lainnya akan menjadi Rp25,8 juta/m2 sedangkan Cordova Edupartment naik signifikan menjadi Rp26 juta/m2 mengungguli keduanya. Kenapa? “Karena kami paling awal beroperasi otomatis tingkat hunian kami paling tinggi. Di sisi lain jumlah unit yang kami sediakan terbatas, tiap tahun permintaan terus naik, dampaknya harga apartemen kami naik paling tinggi. Beda dengan apartemen lain karena jumlahnya ribuan unit dan stok yang dipasarkan masih banyak, membuat kenaikan harganya tidak bisa setinggi kami,” katanya.

Atas dasar proyeksi itu selama tiga tahun ke depan harga Cordova Apartment diproyeksikan bakal naik Rp10 juta, dari Rp15 juta menjadi Rp26 juta/m2. Sedangkan harga sewa per bulan Rp2 juta (tipe studio). Setelah dikurangi service charge dan biaya-biaya lain tingkat pengembalian modal atau return on investment-nya (ROI) minimal 51 persen.

Jika Anda sekarang akan membelinya, developer menyediakan banyak pilihan, yaitu:

  1. Tipe Studio (luas 25,05 m2)
  2. Tipe Superior Luxury (2 BR-A,luas 50,1 m2)
  3. Tipe Superior Plus (2 BR-B, luas 62,18 m2)
  4. Tipe Superior Corner (2 BR-C, luas 38,77 m2)
  5. Tipe Superior (2 BR-D, luas 36,98 m2)
  6. Tipe Deluxe Luxury (3 BR+ , luas 77,72 m2)
  7. Tipe Deluxe (3 BR–A , luas 75, 38 m2)
  8. Tipe Deluxe Corner (3 BR-C, luas 64,87 m2)
  9. Dan yang terbesar adalah tipe Suite (4 BR-C, luas 91,15m2)

“Saat ini sudah terjual 30 persen lebih,” katanya.

MARKETING GALLERY
Jl. Prof H Soedarto No.81 B-C Tembalang, Semarang.
Telp. 024-7640-5555 (Hunting).
WA. 0815-6677-234, 0822-2220-8289.