Jamin Kesehatan Hewan, Pos Lalu Lintas Ternak Perlu Dibangun di Tol Trans Jawa

Kepala Dinakkeswan Jateng Lalu Muhammad Syafriadi (tengah) ikut memeriksa kesehatan hewan kurban.

Semarang, Idola 93.6 FM – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi mengatakan pos lalu lintas ternak mempunyai fungsi, untuk mencegah masuknya penyakit hewan ke provinsi ini.

- Advertisement -

Menurutnya, untuk mencegah ternak berpenyakit masuk ke Jateng, maka dibutuhkan pos lalu lintas ternak guna menjamin ternak yang masuk aman dari penyakit.

Lalu menjelaskan, pos lalu lintas ternak di jalan tol Trans Jawa sangat dibutuhkan, terutama di wilayah-wilayah perbatasan. Sehingga, sebelum ternak masuk ke Jateng harus menjalani pemeriksaan dan divaksinasi.

“Belum semua ternak yang dibawa masuk ke Jawa Tengah, itu melalui pos lalu lintas ternak. Dengan adanya tol Trans Jawa ini, belum ada yang masuk di pos lalu lintas ternak. Oleh sebab itu, ke depan kami mau kerja sama dengan pihak jalan tol untuk diberikan space menyiapkan pos lalu lintas ternak di jalan tol. Sehingga, pos lalu lintas ternak ini betul-betul bisa menjalankan fungsinya,” kata Lalu, baru-baru ini.

Lebih lanjut Lalu menjelaskan, belum adanya pos lalu lintas ternak di jalan tol Trans Jawa akan menjadi celah keluar masuk ternak tanpa melalui pemeriksaan. Bahkan, menjadi kesempatan bagi pelaku jual beli hewan peliharaan bebas melintas di jalan tol. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini