Jelang Lebaran, Operator Seluler Berlomba Tingkatkan Kualitas Jaringan

Semarang, 92.6 FM – Menjelang Lebaran nanti, sejumlah operator telekomunikasi di Tanah Air, sudah sejak jauh hari melakukan persiapan. Terutama, untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya peningkatan penggunaan data internet selama masa arus mudik dan balik Lebaran.

Regional Network Operations and Maintenance Central Java Smartfren Wahyudiono mengatakan pihaknya menyiapkan 13 unit battle mobile, yang disebar di sejumlah titik di wilayah Jawa Tengah. Terutama, di sepanjang ruas jalan tol Trans Jawa.

Menurutnya, pada Lebaran tahun ini pihaknya menaikkan kapasitas sebesar tiga kali lipat dari sebelumnya. Termasuk, menyiagakan 200 tim task force untuk mengatasi gangguan selama masa libur Lebaran.

“Menghadapi Lebaran ini, kita sudah siapkan penambahan kapasitas sampai 25 persen dari penggunaan normal. Masih di bawah 60 persen. Artinya, Smartfren siap menghadapi lonjakan hingga dua kali lipat,” kata Wahyu, kemarin.

Terpisah, Corporate Communication XL Axiata Yoseo Maya menambahkan, selama masa libur Lebaran ini pihaknya sudah mengantisipasi adanya kenaikan penggunaan data. Sehingga, pihaknya meningkatkan kualitas jaringan di sepanjang jalur mudik Lebaran.

Maya menjelaskan, di sejumlah areal di central region juga ditambah kapasitas jaringan hingga 30 persen dari penggunaan normal harian.

“Untuk Jawa Tengah kami prediksi, akan ada peningkatan traffic penggunaan data di wilayah Brebes sebesar 60 persen. Wilayah Brebes ini peningkatannya lebih besar dari daerah lainnya di Jawa Tengah. Kalau untuk daerah Yogya, perkiraan kita kenaikan traffic di wilayah dalam kota. Kenaikannya sekitar 65 persen,” ujar Maya.

Maya menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan dukungan mobile BTS di sejumlah wilayah di central region. Yakni di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. (Bud)