Wilayah Solo Raya Jadi Prioritas Pengamanan Selama Kampanye Terbuka

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI M. Effendi memeriksa pasukan usai apel di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (22/3).

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan salah satu tahapan Pemilu 2019 yang menjadi perhatian pengamanan, adalah kampanye rapat umum terbuka yang dimulai pada 24 Maret hingga 13 April 2019. Hal itu dikatakan kapolda usai memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (22/3).

- Advertisement -

Menurutnya, karena tahapan kampanye rapat umum terbuka sudah dimulai, maka pihaknya harus melakukan antisipasi pengamanannya.

Condro menjelaskan, jajarannya akan mengerahkan 23 ribu lebih personel dengan dibantu 12 ribu lebih personel dari Kodam IV/Diponegoro. Sebab, pengamanan kampanye pemilu tahun ini akan berbeda dan menyita perhatian serta tenaga. Karena, kampanye rapat umum terbuka akan dilakukan setiap dua hari sekali.

Khusus pengamanan kerawanan wilayah, lanjut kapolda, akan diprioritaskan di wilayah Solo Raya, Banyumas dan juga Kedu.

“Jawa Tengah masuk kategori wilayah yang aman. Namun, dari situasi yang aman tersebut, kami tidak under estimed. Kita melihat dinamika kampanye yang sudah berjalan intensif, dan kegiatan paling banyak di Solo Raya. Jadi, kami tempatkan wilayah Solo Raya sebagai perhatian,” kata kapolda.

Lebih lanjut Condro menjelaskan, jajarannya siap mengamankan setiap pelaksanaan kampanye rapat terbuka di wilayah Jateng. Terutama, yang mengerahkan massa dengan jumlah besar.

“Kalau konsentrasi massa di lapangan terbuka itu menyesuaikan aturan di masing-masing daerah. Jika bupati/wali kota melarang tempat umum di daerah yang berpotensi kerusakan, harus ditaati. Kayak di Simpang Lima kan tidak boleh dipakai, sesuai aturan pak wali kota,” pungkasnya. (Bud)