Kunci Dari Pendidikan Karakter Adalah Sifat Kejujuran

Pendidikan Karakter

Semarang, Idola 92.6 FM – Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan sangat penting, untuk membentuk pribadi anak menjadi pribadi yang baik. Pendidikan karakter di sekolah bisa diteladankan melalui perilaku guru sebagai tenaga pendidik, utamanya mengajarkan nilai-nilai kejujuran.

- Advertisement -

Salah satu tokoh masyarakat, Amin Munadjat mengatakan jika nilai-nilai kejujuran wajib ditanamkan kepada para generasi muda. Nilai-nilai kejujuran menjadi kunci dari pendidikan karakter, yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Munadjat menjelaskan, pendidikan karakter muaranya adalah membentuk manusia Indonesia yang bermoral dan berjiwa patriot. Sehingga, di masa mendatang ketika generasi muda sekarang menjadi pemimpin bangsa memiliki pondasi karakter yang baik. Yakni, pemimpin yang berakhlak mulia dan penuh kejujuran serta bertanggung jawab.

“Kejujuran itu menjadi sangat substantif sebenarnya dalam kehidupan ini, karena dari sanalah akan terbangun sebuah kepercayaan bagi generasi muda dan bagi masyarakat kita. Saya kira, itu yang bisa dibangkitkan oleh kita semua dan bagi generasi muda. Kejujuran adalah kunci dari semuanya,” kata Munadjat, Jumat (8/11).

Munadjat lebih lanjut menjelaskan, dalam rangka memeringati Hari Pahlawan tahun ini pendidikan karakter yang mengedepankan nilai-nilai kejujuran harus diutamakan.

Salah satu siswi SMA Karangturi Semarang, Jacklyn Jennifer saat ditemui di sela latihan upacara Hari Pahlawan di halaman kantor gubernuran menyatakan, jika pendidikan karakter memang sangat penting bagi generasi muda.

Menurutnya, para pelajar generasi muda harus memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter.

“Pendidikan karakter itu penting, sih. Terutama buat kalau kita sehari-hari. Pendidikan karakter itu menghormati orang-orang yang lebih tua. Kalau di sekolah ya kayak tata cara ngomong sama orang, sopan santun. Di sekolah ada pendidikan karakter, di pelajaran BK,” ujar Jacklyn.

Jacklyn berharap, apa yang didapat dalam pendidikan karakter bisa menjadi bekal di masa depan untuk ikut membangun bangsa dan negara. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini