REI Harap Pemerintah Ada Perhatian Terhadap Pengembang Rumah Subsidi

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata meminta pemerintah beri subsidi pinjaman ke pengembang rumah murah.

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengatakan pemerintah diharapkan bisa memberikan subsidi atau kemudahan kepada para pengembang rumah murah, terutama yang mengajukan kredit konsumsi di sektor properti.

Menurutnya, selama ini pengembang rumah murah hanya mendapat keringanan sebesar satu persen pajak penghasilan (PPh).

Soelaeman menjelaskan, dengan adanya pemberian subsidi bagi pengembang rumah murah akan menciptakan semangat di dalam membangun rumah dan tidak dibebani bunga yang tinggi. Minimal, pemerintah bisa memberikan subsidi kredit sebesar tiga persen lebih murah dari bunga komersial.

“Kita berharap bahwa pengembang yang membangun rumah subsidi, diberi subsidi kredit konsumsi tiga persen lebih rendah dibanding bunga komersial. Karena, selama ini perbankan menganut hukum ekonomi. Jadi, yang kredit konsumsinya kecil bunganya besar, atau sebaliknya. Kami minta ada keberpihakan dari stakeholder yang membangun rumah subsidi,” kata Soelaeman belum lama ini di Semarang.

Lebih lanjut Soelaeman menjelaskan, dengan banyak stakeholder yang berpihak kepada pengembang rumah subsidi, maka akan sangat membantu. Sebab, pengembang rumah subsidi mendapat margin terbatas dan dibebani bunga besar.

“Di seluruh Indonesia, dari data REI ada sekitar lima ribu pengembang rumah subsidi. Mereka-mereka ini butuh bantuan,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Optimalisasi Pemelajaran Berbasis Penalaran Tinggi atau Higher Order Thinking Skill?
Artikel selanjutnyaPLN Sebut Beban Puncak Saat Ramadan Terjadi di Malam Hari Hingga Jelang Sahur
Wartawan senior Radio Idola Semarang.