Wujudkan Parlemen Modern, Anggota DPRD Jateng Perlu Punya Akun Medsos Sendiri

Semarang, Idola 92.6 FM – Pengamat politik asal Undip, Yuwanto mengatakan dengan bertambahnya jumlah anggota dewan Jawa Tengah dari 100 orang menjadi 120 orang harus bisa meningkatkan kinerja parlemen di provinsi ini.

Menurutnya, untuk mengukur keberhasilan atau pencapaian kinerja anggota dewan diperlukan adanya tabel indikator layaknya pegawai di pemerintahan. Yakni, semacam laporan akuntabilitas kinerja anggota dewan.

“Kalau dalam konsep parlemen modern itu, kinerja anggota dewan sudah bisa diukur dan terukur dengan indikator-indikator kuantitatif bukan hanya kualitatif. Kalau di instansi pemerintah itu ada Lakip, laporan akuntabilitas instansi pemerintah. Dewan ini sebenarnya juga bisa atas inisiatif sendiri, melakukan pelaporan atas berbagai hal yang sudah dilakukan. Penggunaan atau pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi modern itu kan bisa dipakai,” kata Yuwanto, Selasa (3/9).

Gubernur Ganjar Pranowo sependapat dengan adanya mekanisme pengawasan, untuk kinerja anggota DPRD. Dengan mekanisme pengawasan yang dibuat ini, maka cita-cita mewujudkan parlemen yang modern bisa tercapai.

“Parlemen modern sangat bagus, mungkin kawan-kawan DPRD bisa membuat satu ruang sehingga masyarakat mana melaporkan ke DPR tidak ada sekat-sekat fraksi dan partai. Sehingga, yang ada adalah parlemen. Maka, modernitas parlemen bisa didorong,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, Sekretariat DPRD Jateng juga bisa membuat semacam situs dengan menampilkan seluruh anggota dewan. Sehingga, masing-masing anggota dewan nanti bisa diketahui kinerjanya selama menjabat sebagai anggota DPRD. (Bud)

Artikel sebelumnyaUsai Dilantik, Pemprov Ajak DPRD Berkolaborasi Tancap Gas Wujudkan Jateng Sejahtera
Artikel selanjutnyaHakim Jatuhkan Vonis 3 Tahun Untuk Ahmad Marzuqi