1,4 Juta Keluarga Miskin di Jateng Terima Bantuan Tunai Dari Kemensos

Mensos Juliari Batubara
Mensos Juliari Batubara saat berdialog dengan petugas di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang saat melayani masyarakat yang akan mengambil Bantuan Sosial Tunai, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat di Jawa Tengah sebanyak 1,4 juta keluarga miskin. Secara simbolis penyerahan BST diberikan 49 ribu lebih warga kurang mampu di Kabupaten Semarang, kemarin.

Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan total ada 1.412.938 keluarga penerima manfaat, yang mendapat BST di seluruh Jateng. BST yang diberikan kepada keluarga kurang mampu itu, karena terdampak pandemi COVID-19 dan kehilangan pekerjaan. Sehingga, banyak keluarga yang kemudian tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya.

Juliari menjelaskan, setiap keluarga yang masuk program BST menerima bantuan uang tunai sebesar Rp600 ribu per bulan dari April sampai Juni 2020. Sedangkan dari Juli sampai Desember 2020, penerima bantuan menerima uang tunai sebesar Rp300 ribu per bulan.

Menurutnya, untuk penyaluran BST kepada keluarga miskin itu pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan bank pelat merah milik pemerintah.

“Bantuan-bantuan dari pihak-pihak lain yang peduli dengan masyarakat miskin, sehingga apabila ada informasi atau butuh informasi bisa datang ke kantor kita di kabupaten/kota. Sehingga, mereka bisa melihat secara langsung. Kepada para KPM yang menerima bantuan semoga bermanfaat,” kata mensos di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, kemarin.

Lebih lanjut Juliari menjelaskan, secara nasional program BST menyasar sembilan juta lebih keluarga penerima manfaat di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Program BST mengecualikan warga DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Bekasi.

“Warga di wilayah itu, sudah mendapatkan bantuan khusus dari Presiden Joko Widodo. Bantuannya berupa paket sembako,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDua Obyek Wisata Air di Klaten Ditutup
Artikel selanjutnyaBNN Jateng Gagalkan Penyelundupan Permen Berisi Ganja Dari Amerika

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini