BPS Jateng Lanjutkan Tahap Sensus Penduduk 2020 Secara Door to Door

Sentot Bangun Widoyono
Sentot Bangun Widoyono, Kepala BPS Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Program Sensus Penduduk 2020 yang tahap awal dilakukan secara online dan berakhir pada bulan Mei kemarin, akan dilakukan secara door to door pada bulan September. BPS Jawa Tengah sudah merekrut sejumlah petugas yang merupakan warga lokal, untuk mendata di wilayahnya masing-masing.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono mengatakan pihaknya akan menyelenggarakan Sensus Penduduk 2020 secara langsung atau door to door, yang dimulai pada 1-30 September. Petugas yang akan melakukan pendataan, sebelumnya sudah melalui proses penyaringan dan tes bebas COVID-19.

Sentot menjelaskan, petugas yang turun ke lapangan akan didampingi ketua RT setempat dan memastikan data penduduk terisi dengan benar.

Menurutnya, petugas yang bekerja di lapangan tetap diminta mengedepankan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya, saat membagikan kuesioner kepada masyarakat selalu jaga jarak dan memakai masker.

“Sensus Penduduk 2020 ini dilanjutkan di bulan September. Sekarang kami sudah merekrut petugas, dan kabupaten/kota sudah mengumumkan siapa yang dianggap lulus memadai. Jadi memang kami lakukan sedemikian rupa, sehingga orang akan bertugas di wilayahnya sendiri,” kata Sentot, Senin (24/8).

Lebih lanjut Sentot menjelaskan, pada tahapan tatap muka ini petugas juga tetap mendatangi rumah-rumah keluarga yang sebelumnya juga telah melakukan pengisian Sensus Penduduk 2020 secara online. Tujuannya, untuk memastikan data yang diisi benar dan tidak ada pembetulan atau kekeliruan.

“Yang online pada Februari-Mei 2020 untuk di wilayah Jateng ada 9,6 juta kepala keluarga (KK), dan yang online juga akan dicek petugas di lapangan melalui ketua RT setempat. Siapa tahu pindah alamat, atau ada penambahan atau pengurangan jumlah anggota keluarga,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Memanfaatkan Spirit Hijrah untuk Mentransformasikan Kehidupan Sosial, Hukum, dan Politik Kita?
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Akan Tindak Lanjuti Evaluasi Dari BPKP

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini