Mengenal Alat Pengukur Suhu Tubuh dengan Pemindai Wajah karya Tim Dosen UGM

Dr. Igi Ardiyanto
Dr. Igi Ardiyanto, salah satu tim pengembang thermal imaging dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT).

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim Dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berhasil membuat Alat Pengukur Suhu Tubuh dengan Pemindai Wajah (thermal imaging). Alat ini dipakai untuk memastikan jarak tetap terjaga/ saat melakukan pengecekan suhu tubuh.

Selain fitur pengukur suhu tubuh, alat ini juga dilengkapi fitur pendeteksi wajah dan fitur penggunaan masker. Thermal imaging tersusun dari sejumlah komponen yakni termal kamera dan embedded PC, speaker, dan gate. Alat ini bekerja dengan mengukur suhu tubuh berdasar radiasi termal objek, memindai wajah, dan penggunaan masker. Selanjutnya data yang diperoleh akan diproses oleh embedded PC dan hasil akhir berupa suara akan keluar melalui speaker.

Dr. Igi Ardiyanto

Thermal imagine dilengkapi kamera dengan resolusi 160 pixel sehingga memungkinkan secara akurat dan cepat dalam mengukur suhu tubuh. Tidak hanya itu, alat ini tidak hanya bisa mengenali wajah namun juga bisa mendeteksi penggunaan masker. Nantinya apabila objek terdeteksi tidak memakai masker, maka akses masuk ke ruangan akan langsung ditolak.

Lantas, selengkapnya mengenai apa itu thermal imaging, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan salah satu tim pengembang thermal imaging dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Dr. Igi Ardiyanto. (her)

Berikut podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Gelar Tour de Borobudur Dengan Etape Bertahap
Artikel selanjutnyaMencermati Pidato Kenegaraan dan RAPBN/ Nota Keuangan 2021 yang Disampaikan Presiden Joko Widodo