Pelanggan PLN Yang Sulit Akses Listrik Gratis Bisa Minta Bantuan ke RT

Meteran Listrik Token PLN

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN mulai menerapkan program pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga daya 450 VA, dan keringanan tagihan sebesar 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan pihaknya telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut.

Suprateka menjelaskan, bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei dan Juni 2020. Sementara untuk pelanggan prabayar, bisa dengan mengirimkan nomor ID pelanggan ke WA dengan nomor 08122123123 atau melalui situs PLN www.pln.co.id.

Menurutnya, dengan ID tersebut maka pelanggan akan mendapatkan token pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

“Diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi tiga bulan terakhir,” kata Suprateka, Jumat (3/4).

Lebih lanjut Suprateka menjelaskan, proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik diberikan secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada 1 April, dan paling lambat 11 April seluruh pelanggan yang berhak bisa menikmati program tersebut.

Sementara General Manager PLN UID Jateng-DIY Feby Joko Priharto menambahkan, bagi pelanggan yang tidak bisa menjangkau internet dan aplikasi Whatsapp bisa menghubungi perangkat pemerintah setempat atau pengurus RT.

“Silakan menghubungi perangkat pemerintah setempat atau pengurus RT/RW untuk meminta bantuan dalam hal aksesnya. Ini bukti PLN bersama pemerintah, siap hadir di setiap kondisi,” ujar Feby. (Bud)

Artikel sebelumnyaBNNP Jateng Tangkap Kurir Bawa Sabu Setengah Kilogram
Artikel selanjutnyaPemprov Minta Pemkot Tegal Sesuaikan Arahan PSBB Pusat