Peneliti UGM Yogyakarta Kembangkan Mikroalga untuk Bahan Bakar Biojet

Dr. Eko Agus Suyono
Dr. Eko Agus Suyono, peneliti dari Fakultas Biologi UGM Yogyakarta. (Photo: Dok Pribadi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sejak 2008 telah mengembangkan mikroalga sebagai sumber bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Riset yang melibatkan kolaborasi antar peneliti dari Fakultas Biologi, Fakultas Teknik dan Pusat Studi Energi UGM ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi mikroalga di perairan Indonesia yang jumlahnya cukup melimpah dan belum teridentifikasi. Kandungan lipid dan karbohidrat sebagai sumber bahan bakar layaknya senyawa karbon ini ternyata menarik minat perusahaan Jepang dan badan penelitian Jepang untuk bekerja sama.

Dua orang peneliti UGM, Dr. Eko Agus Suyono dari Fakultas Biologi UGM dan Prof. Dr. Arief Budiman dari Fakultas Teknik dan Perusahaan dari Jepang (Euglena Co., Ltd) telah ditunjuk oleh badan penelitian dan pengembangan nasional Jepang, NEDO atau New Energy and Industrial Technology Development Organization: Japanese National Research and Development Agency untuk pengembangan Teknologi Produksi Bahan Bakar Biojet dengan Teknologi berbasis Mikroalga.

Dr. Eko Agus Suyono and Tim
Dari Kiri ke kanan, Eko Agus Suyono (Fakultas Biologi UGM), Arief Budiman (Fakultas Teknik UGM), Suzuki Hideyuki (Euglena Co. Japan), Yu Inaba (Euglena Co. Japan) dengan latar belakang Mikroalga Euglena sp. (Photo: Dok Pribadi)

Nantinya UGM dan Jepang akan mengembangkan pengembangan mikroalga Euglena sebagai bahan bakar pesawat terbang yang bisa diproduksi secara massal. UGM selama ini terus mengoleksi mikroalga lokal yang hidup di lingkungan alam Indonesia dan memilih strain yang tumbuh paling efisien dalam kondisi cuaca di Indonesia. UGM juga telah mengevaluasi kandungan dan sifat lemak serta minyak yang terakumulasi pada mikroalga terpilih.

Selengkapnya, mengenai hasil riset pengembangan mikroalga untuk bahan bakar biojet, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Dr. Eko Agus Suyono, peneliti dari Fakultas Biologi UGM. (yes/ her)

Berikut podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini