PMI Siap Beri Dukungan Penuh Terhadap Jateng Terkait Bantuan Kemanusiaan

Sudirman Said (kiri)
Sekjen PMI Sudirman Said (kiri) didampingi Ketua PMI Jateng Imam Triyanto (tengah) melihat maket markas PMI Jateng, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – PMI selalu hadir dalam setiap bantuan kemanusiaan, ketika terjadi bencana alam di suatu daerah. PMI sebagai bagian dari pemerintah, harus aktif saat terlibat dalam penanggulangan bencana alam.

Sekjen PMI Sudirman Said mengatakan PMI berperan aktif di dalam membantu pemerintah, saat terjadi bencana alam. Bahkan, PMI Jawa Tengah selama ini selalu tampil ke depan ketika terjadi bencana alam di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurutnya, peran aktif dari PMI Jateng dalam menjalankan misi kemanusiaan ini sangat bagus. Bahkan, PMI Jateng bisa menjadi role model nasional dalam berbagai hal.

“Pesannya pak ketua umum itu soal komunikasi, akuntabiliti publik dan bagaimana membuat UTD-UTD lebih modern dan lebih kuat. Sekarang ini kabupaten/kota sudah punya, dan tinggal diperkuat. Tapi, keseluruhan PMI Jawa Tengah instansi yang kompak dan produktif,” kata Sudirman, Selasa (11/2).

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, memang selama ini peran PMI Jateng sudah cukup baik. Bahkan, yang diberikan PMI Jateng dalam misi kemanusiaan lebih dari cukup.

Menurutnya, yang saat ini perlu dilakukan adalah membangun sinergitas antara pusat dan daerah dalam upaya penanggulangan bencana.

“Nah sekarang, dengan situasi seperti ini banyak bencana mungkin kita perlu membuat semacam pelatihan bersama. Sehingga, kita bisa bangun sinergitas antara daerah dengan pusat. Mulai dari fungsi utamanya yang dulu diingat masyarakat, donor darah. Dari donor darah, bisa mendeteksi setiap penyakit yang ada,” ujar Ganjar.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, yang terpenting perlu dikedepankan PMI adalah kegiatan donor darah secara rutin dan sudah diketahui masyarakat luas. Dari aksi donor darah itu, juga bisa mendeteksi adanya penyakit tertentu semisal HIV/AIDS. (Bud)

Artikel sebelumnyaSiaga Cegah Virus Corona, PMI Jateng Gelar Rakor Libatkan 35 Kabupatan/Kota
Artikel selanjutnyaPedagang Bawang Putih Mulai Turunkan Harga

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini