PMI Jateng Dorong Penyintas Mau Donor Plasma Konvalesen

Sarwa Pramana
Sarwa Pramana, Ketua PMI Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – PMI Jawa Tengah meminta kepada para penyintas COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh, untuk mau menjadi donor plasma konvalesen. Sebab, plasma konvalesen menjadi salah satu terapi upaya penyembuhan bagi pasien COVID-19:

Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana mengatakan dengan semakin banyak penyintas COVID-19 yang mau mendonorkan plasma konvalesen, maka akan memermudah dalam proses kesembuhan para pasien COVID-19 dengan gejala berat. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernuran, baru-baru ini.

Sarwa menjelaskan, saat ini baru ada tiga kantor unit donor darah (UDD) di Jateng yang bisa melakukan proses pengambilan plasma konvalesen bagi para penyintas COVID-19. Yakni PMI UDD Kota Semarang, Surakarta dan Kabupaten Banyumas.

Menurut Sarwa, masyarakat yang telah sembuh dari COVID-19 bisa berpartisipasi sebagai penyelamat bagi pasien COVID-19 yang sedang berjuang untuk sembuh.

“PMI Jawa Tengah sudah mendorong PMI kabupaten/kota, untuk berkoordinasi dengan rumah sakit dan Dinas Kesehatan termasuk di dalamnya adalah tempat isolasi terpusat. Dengan harapan mendorong para penyintas COVID-19 ini didata sekaligus discreening awal untuk membuat surat pernyataan kesediaan untuk berdonor. Karena ini menjadi kesempatan bagi para penyintas COVID-19 untuk menjadi pahlawan menyelamatkan sesama, karena ini juga enggak gampang. Tidak semuanya memenuhi syarat,” kata Sarwa.

Sarwa lebih lanjut menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para penyintas COVID-19 untuk bisa menjadi pendonor plasma konvalesen. Beberapa persyaratan yang haru dipenuhi, salah satunya untuk perempuan adalah belum pernah hamil.

“Syarat utama bisa donor plasma konvalesen adalah sudah dinyatakan negatif COVID-19 lewat hasil tes PCR, usia antara 18-60 tahun dan berat badan lebih dari 55 kilogram,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKapolda Minta Mahasiswa Ikut Bantu Bagikan Bantuan ke Masyarakat Terdampak
Artikel selanjutnyaPresiden RI Beri Tabungan Pendidikan Untuk Ghifari

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini