Pekerja Pertamina Sumbang Plasma Darah

Donor plasma darah konvalesen
Sejumlah pekerja Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah yang sembuh dari COVID-19 mengikuti donor plasma darah konvalesen, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah terus berkontribusi dalam rangka ikut menyembuhkan pasien terpapar COVID-19, dengan menyumbangkan plasma darah konvalesen dari pekerja Pertamina yang sempat terpapar dan telah sembuh. Setidaknya ada 30 pekerja Pertamina, yang ikut mendonorkan plasma darahnya kepada PMI.

Pejabat sementara Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Arya Yusa Dwicandra mengatakan terus bertambahnya pasien terpapar COVID-19, menyebabkan terapi plasma darah konvalesen semakin dibutuhkan. Sebab, terapi plasma konvalesen dianggap menjadi salah satu metode penyembuhan bagi pasien COVID-19.

Arya menjelaskan, pendonor plasma darah konvalesen adalah penyintas yang telah sembuh dan nantinya diberikan kepada pasien dalam kondisi kritis. Terapi tersebut dinilai cukup efektif, karena antibodi yang telah terbentuk pada penyintas bisa membantu memercepat proses penyembuhan bagi pasien terpapar COVID-19 dengan kondisi kritis.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut menggerakkan sejumlah pekerja Pertamina mendonorkan plasma darah dan diserahkan ke PMI Kota Semarang.

“Total ada 30 pekerja Pertamina yang secara bertahap donor plasma ini, sebagai bentuk dari kepedulian kami khususnya Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah. Donor plasma yang dilaksanakan oleh para pekerja Pertamina di Regional Jawa Bagian Tengah ini juga merupakan kali pertama. Para pekerja dari Pertamina yang melakukan donor plasma darah ini adalah yang pertama, apalagi beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan pasien COVID-19 di Jawa Bagian Tengah ini cukup tinggi. Sehingga, dengan bantuan ini kami harapkan dapat membantu mengurangi dampak penyebaran COVID-19,” kata Arya, kemarin.

Arya Yusa Dwicandra, Pejabat sementara Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah:

Arya lebih lanjut menjelaskan, sebelum para penyintas mendonorkan plasma darahnya dilakukan swab PCR dan hasilnya menunjukkan negatif COVID-19. Sehingga, bisa mengikuti kegiatan donor plasma darah konvalesen.

“Pekerja Pertamina secara sukarela membantu proses penyembuhan bagi pasien yang terpapar COVID-19. Dengan pemberian donor plasma darah ini, bisa memberikan pertolongan bagi pasien yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinas Kesehatan Terus Dorong RS di Jateng Tambah Kamar ICU
Artikel selanjutnyaPuncak Musim Hujan Waspadai Bencana Banjir

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini