PMI Butuh 5 Juta Kantong Darah per Tahun

Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla berdialog dengan Gubernur Ganjar Pranowo, Jumat (8/10).

Semarang, Idola 92,6 FM – Tugas pokok PMI sesuai arahan dari pemerintah, harus mampu menyediakan lima juta kantong darah per tahun. Kegiatan donor darah yang dilakukan PMI, serentak dilakukan di seluruh Indonesia secara rutin.

Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla mengatakan banyak tugas yang diemban pengurus serta relawan PMI di seluruh Indonesia, sesuai dengan amanat undang-undang dan perintah dari pemerintah. Pernyataan itu dikatakannya saat melantik Dewan Kehormatan dan pengurus PMI Jateng, Jumat (8/10).

JK menjelaskan, meskipun saat ini tengah berjuang dalam penanganan pandemi COVID-19 namun jangan melupakan tugas pokok dari PMI sesuai amanat undang-undang dan arahan pemerintah. Sebab, hal itu juga menyangkut kepentingan masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Menurutnya, ada dua tugas pokok PMI yang harus dijalankan dengan baik dan berkesinambungan setiap tahunnya.

“Ada dua tugas pokok yang harus dilaksanakan Palang Merah. Pertama donor darah, itu dilaksanakan secara rutin di seluruh Indonesia dan merupakan suatu perintah pada PMI untuk melaksanakannya. Dan itu butuh lima juta kantong darah per tahun. Cukup besar. Yang kedua, penanganan bencana, ini tentu yang menjadi tugas kita bersama. Namun bedanya, PMI siap bekerja jangka panjang,” kata JK.

Lebih lanjut JK menjelaskan, selama ini pengurus PMI Jateng merupakan salah satu wilayah paling aktif. Seluruh pengurus dan relawan PMI yang ada di Jateng, bekerja tanpa mengenal waktu di saat terjadi bencana maupun selama masa pandemi sekarang ini.

“Saya mengingatkan, agar seluruh pengurus dan relawan PMI selalu waspada. Tidak hanya di saat aman saja, tetapi saat menghadapi bahaya kebencanaan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBI Bantu 250 Tabung Oksigen ke RS di Semarang
Artikel selanjutnyaInvestor Milenial di Jateng Naik Selama Pandemi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini