Sere Rohana Napitupulu, Sang Perawat Lingkungan dari Bumi Malaka Asri Jakarta

Sere Rohana Napitupulu
Sere Rohana Napitupulu, Sang Perawat Lingkungan dari Bumi Malaka Asri, Jakarta Timur. (Photo: dok IG Ibu Ibukota)

Semarang, Idola 92.6 FM – Ibu rumah tangga yang satu ini bukan ibu rumah tangga pada umumnya. Ia merasa tak cukup hanya melakoni hidup pada persoalan rumah. Ia merasa terpanggil melihat lingkungan sekitarnya.

Di tempat tinggalnya, Sere Rohana Napitupulu, sosok itu dikenal sebagai sang perawat lingkungan dari Bumi Malaka Asri, Jakarta Timur. Ibu Sere—begitu panggilan akrabnya, merupakan ibu rumah tangga yang aktif menggerakkan warga di sekitarnya untuk menjaga lingkungan. Inisiatif dan kerja kerasnya diapresiasi banyak lembaga.

Salah satu aksinya dahulu, ketika Ibu Sere terpilih sebagai warga Ketua RT 002 pada tahun 2010, ia membuat kebijakan setiap rumah wajib memiliki dua lubang biopori. Agar kebijakan jalan, ia memberi uang Rp 15.000 per lubang resapan kepada warga yang membuatnya. Uang itu ia ambil dari dana operasional ketua RT.

Berawal dari kegemarannya menanam dan urban farming, ia pun akhirnya rutin menyebarkan virus menanam tanaman kepada warga yang tinggal di kampung-kampung dan rumah susun. Ia juga membagi pengalaman terkait pertanian kota (urban farming) kepada generasi muda di sekolah-sekolah. Di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, ia membagikan ilmunya via daring.

Tidak hanya itu, Sere juga membuat sendiri pupuk kompos hasil pengolahan sampah di rumahnya. Selain pupuk kompos, ia menyulap sampah menjadi eco-enzyme, larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organic, gula, dan air. Larutan dipakai untuk kebersihan dan pupuk. Hasilnya, tanaman sayur di rumahnya tumbuh subur dan segar berkat pupuk kompos dan eco-enzyme. Warga yang melihat hasilnya kemudian tertarik mencoba.

Atas dedikasinya, Ibu Sere mendapat sejumlah apresiasi dan penghargaan. Di antaranya, Penghargaan Ibu Kota Awards Tahun 2019 Bidang Pelestarian Lingkungan (2019), Juara 3 Bank Sampah Terbaik Se-Jabodetabek KLH & Unilever (2018), Juara 1 DKI Jakarta Gerakan Menanam Jahe Merah-Bintang Toedjoeh (2018), dan Apresiasi Masyarakat Peduli Persampahan KLH DKI Jakarta (2017).

Selengkapnya, mengenal sosok ibu rumah tangga yang juga penggiat lingkungan di sekitarnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang, dengan Sere Rohana Napitupulu, Sang Perawat Lingkungan dari Bumi Malaka Asri, Jakarta Timur. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini