Shofyan Adi Cahyono, Petani Milenial asal Getasan

Shofyan Adi Cahyono
Shofyan Adi Cahyono, Petani Milenial asal Getasan, Kabupaten Semarang. (Photo: dok pribadi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Shofyan Adi Cahyono (Shofyan), duta petani milenial Kementerian Pertanian RI dan founder Sayur Organik Merbabu (SOM), warga Desa Sidomukti Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Di atas lahan 10 hektare, Shofyan merintis pertanian sayur organik di lereng Gunung Merbabu. Usaha yang dirintis beberapa tahun lalu itu kini menjadi sorotan pemerintah pusat. Bahkan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat singgah ke Desa Sidomukti memberi apresiasi atas usaha Shofyan.

Orang tua Shofyan adalah seorang petani. Melihat naik turun usaha pertanian milik orang tuanya, Shofyan yang mengenyam pendidikan di fakultas bisnis dan pertanian Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga itu tergerak untuk bergelut di bidang pertanian. Hingga kini, omzet sayur organik merbabu mencapai Rp300 Juta per bulan.

Shofyan Adi Cahyono
Shofyan Adi Cahyono. (Photo: dok pribadi)

Shofyan yang kini menjadi Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Citra Muda dan pendiri P.O Sayur Organik Merbabu (SOM) juga menjalani profesi sebagai konsultan pertanian, fasilitator, dan asesor pertanian organik di Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) Jakarta.

Selengkapnya, mengenai apa yang membuatnya tergerak dengan dunia pertanian dan kerja kerasnya membangun usaha sayur organik, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang dengan Shofyan Adi Cahyono, petani milenial asal Desa Sidomukti Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. (yes/her)

Berikut podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaEkonom: Inovasi dan Kreativitas Jadi Modal Dasar Bangkit di Masa Pandemi
Artikel selanjutnyaMendesak Keseriusan Semua Pihak dalam Memerangi Pandemi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini