Daerah Level 3 Bisa Lakukan Simulasi Wisata Alam

Gumuk Reco Sepakung
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan alam di Gumuk Reco Sepakung, Kabupaten Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinporapar Jawa Tengah menyebutkan, daerah-daerah yang masuk level 3 bisa melakukan simulasi atau uji coba pembukaan tempat wisata. Khususnya wisata alam, maupun desa wisata berkonsep alam.

Kepala Dinporapar Jateng Sinoeng Rachmadi mengatakan sesuai Instruksi Gubernur Nomor 10 Tahun 2021 disebutkan, bahwa untuk daerah level 3 walaupun belum diizinkan membuka tempat wisata tetapi boleh melakukan simulasi atau uji coba. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Sinoeng menjelaskan, simulasi tersebut akan menjadi momentum dalam memersiapkan destinasi wisata. Simulasi tersebut lebih dikhususkan, pada tempat-tempat wisata berkonsep alam semisal desa wisata.

Menurutnya, masyarakat calon wisatawan cenderung mencari destinasi yang berkonsep alam atau minim risiko penularan COVID-19.

“Momentum adanya pandemi ini sebagai momentum, untuk menata dan mempersiapkan itu. Artinya, penyiapan-penyiapan terhadap new normal dan new lifestyle itu akan menimbulkan kreasi-kreasi. Mudah-mudahan, Insya Allah pandemi menurun dan kita dalam interaksi-interaksi dengan kondisi epidemologis itu mudah-mudahan bisa menjadi momentum kebangkitan pariwisata. Terutama di desa wisata,” kata Sinoeng.

Terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan bahwa tren COVID-19 yang menurun jangan sampai membuat daerah lengah. Namun, disiplin protokol kesehatan tetap harus diperhatikan.

Ganjar menjelaskan, per 29 Agustus 2021 kemarin kasus aktif di Jateng ada 9.262 kasus dengan penambahan harian 517 kasus positif. (Bud)

Artikel sebelumnyaWali Kota Semarang Pantau Langsung PTM Terbatas untuk Memastikan Prokes Dipatuhi
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Kontrol Pendistribusian Vaksin

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini