Dinkes Jateng Sudah Tracing Keluarga dan Tetangga TKI Brebes

Yulianto Prabowo, Kepala Dinkes Jateng.
Yulianto Prabowo, Kepala Dinkes Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan Jawa Tengah dan Pemkab Brebes sudah melakukan tracing terhadap keluarga TKI dan tetangga sekitar, terkait dengan potensi penularan varian baru COVID-19. Sebab, TKI yang baru pulang dari Arab Saudi itu sempat dinyatakan positif terinfeksi virus Korona varian baru.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya sudah melakukan tracing terhadap keluarga AS di Kabupaten Brebes, teman seperjalanan dan juga para tetangga. Ada tujuh orang yang dilakukan tes di keluarga AS, dan semuanya menunjukkan hasil negatif.

Yulianto menjelaskan, di luar tetangga keluarga AS diketahui ada dua orang terkonfirmasi positif tetapi belum diketahui positif COVID-19 varian baru atau bukan. Pernyataan itu dikatakan Yulianto usai mengikuti rapat evaluasi penanganan COVID-19 di kantor gubernuran, Senin (8/3).

Menurutnya, AS saat pulang ke Brebes sudah dinyatakan negatif COVID-19.

“Karena pada prinsipnya yang TKI itu kan datang ke Brebes sudah negatif. Jadi tidak menularkan. Bisa saja tetangga yang positif bukan karena dari si ibu itu. Jadi prinsipnya kan kalau negatif ya enggak mungkin menularkan,” kata Yulianto.

Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan Jateng:

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, pihaknya melalui Dinas Kesehatan Brebes bekerja sama dengan aparat TNI/Polri tetap melakukan pengawasan terhadap keluarga AS. Pemerintah setempat juga sudah memastikan, pasokan makanan untuk keluarga AS tercukupi dan tidak ada kekurangan.

“Kami juga tetap melakukan tracing di sekitar rumah keluarga AS, sehingga benar-benar sudah dirasakan aman tidak ada potensi penularan dari virus varian baru itu,” jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, seorang TKI asal Brebes yang bekerja di Arab Saudi dikabarkan terpapar COVID-19 varian baru. TKI asal Brebes itu kemudian dilakukan karantina dan perawatan di Wisma Atlet Jakarta, pada 12 Februari 2021 kemarin. (Bud)

Artikel sebelumnyaJangan Lengah Meski Kasus COVID-19 di Jateng Melandai
Artikel selanjutnyaPelaku UMKM Kembali Diberi Program Tambah Daya Super Hemat Dari PLN

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini