Dinperindag Jateng Dukung Factory Sharing Bagi Sektor Furnitur

Arif Sambido (kiri)
Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambido (kiri) mendukung pendirian factory sharing bagi UMKM furnitur.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinperindag Jawa Tengah mendukung pembentukan factory sharing di bidang furnitur, untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kesejahteraan pelaku UMKM. Dengan factory sharing itu, akan mampu memastikan pasokan dan kualitas bahan baku serta standarisasi produk jadi.

Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambodo mengatakan factory sharing merupakan bentuk dari kehadiran pemerintah, untuk membantu para pelaku usaha IKM maupun UMKM. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kegiatan UKM Virtual Expo 2021 di Surakarta, belum lama ini.

Arif menjelaskan, bidang furnitur di Jateng memang harus mengambil momentum tersebut untuk mewujudkan terbentuknya factory sharing. Sebab, permintaan ekspor dari Januari-Juli 2021 mengalami kenaikan 26 persen dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, kehadiran factory sharing patut didukung dan didorong untuk memenuhi kebutuhan furnitur dalam maupun luar negeri.

“Bagaimana produk IKM itu ada standarisasi. Kita ada kegiatan-kegiatan khususnya untuk standar nasional Indonesia. Kalau IKM itu atau UMKM tadi, berorientasi pada ekspor maka fasilitas-fasilitas kegiatan ekspor yang ada di kita akan mendukung. Jangan lupa, bahwa sekarang negara-negara luar itu banyak memunculkan kegiatan-kegiatan yang membebaskan bea masuk atas produk-produk dari negara Indonesia. Ini suatu momentum yang harus dimanfaatkan mereka para pelaku UMKM yang bergerak di furnitur,” kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, pihaknya juga terus memberikan dukungan untuk proses standarisasi dalam proses produksi. Sebab, apabila semua sudah terpenuhi maka bisa bersaing dengan dunia internasional.

“Intinya, ini adalah wujud kepedulian dan kehadiran pemerintah kepada pelaku usaha UMKM,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGus Yasin Minta Santri Gayeng Ikut Bantu Pemerintah
Artikel selanjutnyaSatlantas Bagikan Sembako di Operasi Patuh Candi 2021

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini