Produk Herbal Asal Jateng Akan Digenjot Pasar Ekspornya

Arif Sambodo, Kepala Dinperindag Jateng
Arif Sambodo, Kepala Dinperindag Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinperindag Jawa Tengah akan terus meningkatkan nilai ekspor produk-produk unggulan, salah satunya adalah produk herbal ke pasar internasional. Sebab, produk herbal saat ini banyak dibutuhkan sebagai salah satu penguat imun tubuh di masa pandemi.

Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambodo mengatakan pada tahun ini, pihaknya akan menggenjot peningkatan ekspor produk herbal ke mancanegara. Sebab, banyak masyarakat luar negeri yang menyukai produk herbal asal Indonesia sebagai penambah daya tahan tubuh di masa pandemi.

Arif menjelaskan, produk herbal asal Jateng ini ternyata memiliki pangsa pasar tersendiri di luar negeri. Bahkan, banyak masyarakat luar negeri yang percaya bahwa produk herbal asal Jateng memiliki khasiat untuk menghindari paparan virus Korona.

Menurutnya, selain menggenjot produk herbal juga akan ditingkatkan ekspor sarang burung walet. Sebab, saat ini pasar sarang burung walet juga sedang baik.

“Yang akan kita dorong adalah produk-produk yang sifatnya herbal. Termasuk sarang burung walet. Sarang burung walet sekarang kan kaitannya dengan mamin (makanan-minuman), utamanya makanan dan minuman kan sedang baik. Tujuan kita masih USA, Jepang, China, Uni Eropa di Jerman dan negara-negara ASEAN,” kata Arif, Jumat (22/1).

Lebih lanjut Arif menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM atau petani tanaman herbal dalam upaya meningkatkan produktivitas. Sehingga, produk yang diekspor itu memiliki masa nilai ekonomi berkelanjutan.

“Kami juga akan mencoba memunculkan eksportir baru, dengan memaksimalkan program export coaching,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenanggapi Rencana Vaksinasi Mandiri: Bagaimana Menjaga Agar Tak Ada Monopoli dan Diskriminasi?
Artikel selanjutnyaWarga Merapi Mengaku Sudah Tinggal di Pengungsian Hampir 3 Bulan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini