Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Terus Mengalami Penurunan

ilustrasi/eastasiaforum.org

Semarang, Idola 92.6 FM – Di Tengah pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM berlevel di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali, Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia terus mengalami penurunan secara mingguan. Dalam Tiga minggu terakhir, jumlah kasus aktif turun menjadi 16 ribu-an kasus dan positifity rate juga turun mencapai 0,56 persen. Meski demikian, pembukaan sejumlah sektor kegiatan masyarakat diharapkan tetap dilakukan secara hati – hati dan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers virtual, Minggu 24 Oktober lalu.

“Kasus aktif telah turun hingga mencapi 16.388 atau 0,43 persen. Menurun sangat signifikan jika dibandingkan sebelumnya mencapai rekor tertinggi yaitu 542.236 atau 18,84 persen pada puncak kedua,” kata Wiku Adisasmito.

Wiku Adisasmito mengungkapkan, positifity rate kita juga mengalami penurunan drastis hingga mencapai 0,56 persen. Jumlah ini sudah jauh dari ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengharuskan angka positivity rate sebesar lima persen.

“Positifity rate juga turun drastis mencapai 0,56 persen setelah sempat mencapai 26,76 persen pada puncak kedua. Hal serupa juga teramati pada keterpakaian tempat tidur atau BOR yang saat ini berjumlah 5,69 persen setelah sempat mencapai 77,77 persen pada puncak kedua,” ujar Wiku Adisasmito.

Wiku menambakan, meski jumlah kasus positif virus corona di Indonesia terus mengalami penurunan dan sejumlah indikator penyebaran virus corona mengindikasikan penurunan, Satgas Penanganan Covid-19 meminta kepada pemerintah daerah dan segenap stakeholder, agar pembukaan sejumlah sektor kegiatan masyarakat tetap dilakukan secara hati – hati.

“Menyadari bahwa kondisi yang saat ini sudah membaik merupakan hasil kerja keras menurunkan kasus, kebijakan pembukaan bertahap, perlu dilakukan hati-hati agar kasus tidak kembali meningkat,” tutur Wiku Adisasmito.

Menurut Wiku Adisasmito, aspek kehati-hatian terus dilakukan dan diingatkan oleh Satgas Covid-19 dan Pemerintah. Hal ini agar masyarakat tak lengah dan abai pada protokol kesehatan. Karena, ini juga menjadi salah satu upaya efektif untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga penyebaran virus corona yang diprediksi terjadi pada akhir tahun ini. (tim/ ade/ her)

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Terus Mengalami Penurunan
Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Belum Adakah Pemeriksaan Kesehatan ke Warga Pengungsi Gempa
Artikel selanjutnyaWali Kota Semarang Apresiasi Warga yang Tetap Disiplin Prokes Sehingga Status PPKM Turun Ke Level 1

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini