Kemendag Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Masih Aman

Pedagang di Pasar Babadan Semarang
Sejumlah pedagang di Pasar Babadan Kabupaten Semarang terlihat melayani pembeli.

Semarang, Idola 92,6 FM – Puncak musim hujan pada tahun ini, belum memberikan pengaruh terhadap stok kebutuhan pokok masyarakat yang tersedia di pasaran. Bahkan, untuk harga juga terjadi peningkatan di atas harga psikologi pasar.

Sekjen Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan sampai dengan saat ini, stok kebutuhan pokok dan juga pasokan barang kebutuhan masyarakat masih aman. Hal itu dibuktikan saat melakukan peninjauan di Pasar Pedurungan Semarang, Kamis (25/2).

Suhanto menjelaskan, stabilitas harga merupakan salah satu program prioritas pemerintah guna mendukung pengendalian inflasi. Sehingga, pemerintah terus berkomitmen dalam menjaga tingkat harga kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Menurutnya, meski di beberapa daerah terjadi bencana banjir tetapi belum sampai mengganggu pasokan kebutuhan pokok masyarakat.

“Tentunya koordinasi sangat penting, dalam hal ini kami dari pusat selalu berkoordinasi dengan kawan-kawan Dinas Perdagangan yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota. Tujuannya apa, agar sedini mungkin kita dapat mengetahui apabila terjadi kekurangan stok kebutuhan bahan pokok dan tentunya kami akan mengambil langkah. Secara umum, harga masih normal dan belum ada kenaikan yang berarti. Begitu juga dengan pasokan kebutuhan pokok,” kata Suhanto.

Suhanto lebih lanjut menjelaskan, pihaknya akan terus menjaga harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat sehingga mencukupi. Bahkan, kebutuhan pokok yang ada di daerah terdampak bencana.

“Kami akan memastikan, bahwa tidak terjadi kelangkaan barang dan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat. Kemendag akan terus memberikan fasilitas dan dukungan kepada semua pihak, agar kondisi sulit ini bisa dihadapi bersama,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnya45 Ribu Lebih Pelayan Publik Sudah Divaksin
Artikel selanjutnyaNgobrol Bareng BMKG, Mewaswapadai Ancaman Cuaca Ekstrem di Indonesia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini