Hadapi El Nino, Disperindag Jateng Terus Pantau Stok Komoditas Pangan

Ratna Kawuri
Ratna Kawuri, Kepala DPMPTSP Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam rangka menghadapi musim kemarau dampak dari El Nino, Disperindag Jawa Tengah telah melakukan sejumlah pemetaan dan strategi kebijakan khusus.

Salah satunya, dengan terus memantau ketersediaan stok komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat Jateng.

Kepala Disperindag Jateng Ratna Kawuri mengatakan sesuai arahan dari pimpinan, jajarannya telah melakukan pemantauan daerah-daerah penyangga pangan provinsi ini agar tidak terganggu akibat dampak El Nino. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Ratna menjelaskan, bicara soal harga sebenarnya pemerintah menjaga keseimbangan harga.

Namun, sepanjang pantauan yang dilakukan Disperindag Jateng sampai dengan saat ini harga komoditas masih terkendali.

Menurut Ratna, pemerintah tetap memetakan kebutuhan bahan baku atau kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Oleh karena itu, yang perlu ditekankan adalah menjaga pasokan atau stok pangan kebutuhan masyarakat tetap terjaga tidak terdampak El Nino.

“Semoga masih aman, dan kami terus melakukan pemantauan setiap hari. Artinya kalau bicara stok masih aman. Kita prediksi El Nino sampai September kan, itu kita petakan mana yang terjadi panen dan mana daerah yang butuh,” kata Ratna.

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, pihaknya juga memetakan distribusi komoditas pangan di daerah yang membutuhkan kebutuhan pokok dan daerah memproduksi komoditas pangan.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh kabupaten/kota di Jateng, agar selalu memantau pergerakan harga kebutuhan pokok masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Setiap Senin kita kan selalu rapat terkait dengan pengendalian inflasi. Kita juga selalu berkolaborasi dalam upaya mengendalikan inflasi, karena rumus inflasi itu ada dua yaitu stok dan kebutuhan,” pungkasnya. (Bud)