Mengenal Dani Arwanto, Peraih Kalpataru dari Koja Jakarta Utara

Dani Arwanto
Dani Arwanto aktivis lingkungan dan Ketua RT 07/RW 01 Kelurahan Tugu Utara Koja Jakarta Utara menerima kunjungan mahasiswa Belanda untuk mengenal urban farming dan pengelolaan lingkungan di DKI Jakarta. (Dok Dani)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Bersama warga, sosok satu ini bahu-membahu mengubah perkampungan kumuh pesisir Jakarta Utara menjadi hunian nyaman penuh dengan tumbuhan hijau sepanjang jalan. Atas usahanya itu, ia meraih penghargaan Kalpataru 2023 kategori perintis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sosok itu adalah Dani Arwanto (49 tahun), aktivis lingkungan dan Ketua RT 07/RW 01 Kelurahan Tugu Utara Koja Jakarta Utara. Menurut Dani, tak mudah mengubah cara pikir warga yang selama ini merasa nyaman dengan tempat yang ada. “Dulu itu bekas lokalisasi, tidak mudah mengubah mindset mereka, memerintah itu tidak mudah,”tutur Dani kepada radio Idola Semarang, pagi (31/07) tadi.

Kegiatan Karang Taruna
Kegiatan Karang Taruna dan warga Koptan gang Hijau Cemara Kelurahan Tugu Utara Koja Jakarta Utara, untuk perikanan dan pertanian dengan memanfaatkan lahan tidur dan lahan sempit menjadi lahan produktif. (Dok Dani)

Namun berkat usaha bersama anak-anak karangtaruna setempat, kini lingkungan RT 07/RW 01 Kelurahan Tugu Utara Koja memiliki sebuah taman yang digunakan untuk budidaya tanaman anggur. Seiring berjalannya waktu, usaha pelestarian lingkungan di wilayah Tugu Utara itu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak seperti bantuan dari Sudin KPKP Jakarta Utara.

Dani Arwanto
Dani Arwanto aktivis lingkungan dan Ketua RT 07/RW 01 Kelurahan Tugu Utara Koja Jakarta Utara bersama warga di lahan hijau yang dikelola sejak 2016. (Dok Dani)

Tak hanya itu, Dani juga menginisiasi terbentuknya Kelompok Tani Gang Hijau Cemara 1 (Cemara Farm) di lingkungannya. Kelompok Cemara Farm ini berorientasi pada ekonomi hijau melalui budidaya anggur dengan memanfaatkan pupuk organik dari bank sampah. Mereka membuat pupuk cair organik dan maggot untuk pakan ikan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dani Arwanto, aktivis lingkungan peraih Kalpataru 2023 dan Ketua RT 07/RW 01 Kelurahan Tugu Utara Koja Jakarta Utara. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: