Mengenal Helda Fachri, Inisiator Bank Sampah dari Tangsel

Helda Fachri
Helda Fachri Pendiri Bank Sampah Jaya Danakirti. (Photo dok Helda)

Semarang, Idola 92.6 FM – Sepulang dari Australia, perempuan ini tergerak memraktikkan apa yang dilihat dan dialaminya selama tinggal di negeri Kanguru. Di Australia, ia melihat, setiap kawasan seolah bersih dari sampah. Sampah sudah dikelola dan dipilah-pilah sejak dari rumah.

Perempuan hebat ini adalah Helda Fachri, pendiri Bank Sampah Jaya DanaKirti Tangerang Selatan dan inisiator 45 bank sampah di Tangerang Selatan.

Selama dua tahun ini (sejak tahun 2018), ia tak lelah mengajak orang memilah sampah dan menyetornya ke bank sampah. Selama ini, ia mendorong banyak perumahan di sekitar Tangsel untuk mendirikan bank sampah.

Peresmian bank sampah green cove BSD
Peresmian bank sampah green cove BSD diresmikan oleh Wali Kota Tangsel dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Tangerang. (photo dok Helda)

Sampah yang sudah dipilah, kemudian disetorkan ke pelapak. Menurut istri dari Mohammad Ikhsan Modjo ini, ada 42 jenis sampah yang bisa dikelola tetapi bank sampah bisa mengelola sekitar 15-28 jenis sampah.

Hingga kini, Jaya DanaKirti berhasil menyelamatkan 20 ton sampah yang bisa dikelola. Jika dihitung dengan 38 bank sampah lainnya, jumlahnya bisa mencapai 500 ton.

Tim bank sampah
Tim bank sampah. (photo dok Helda)

Selengkapnya, mengenal Bank Sampah Jaya DanaKirti dan inisiasi 45 bank sampah di wilayah Tangerang Selatan berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama, Helda Fachri, pendiri Bank Sampah Jaya DanaKirti Tangerang Selatan dan inisiator 45 bank sampah di Tangsel. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBersama Polsek Gajahmungkur, PLN Bagikan Sembako ke Warga Terdampak COVID-19
Artikel selanjutnyaMemerangi Pandemi, Siapa Saja yang Mestinya Terlibat dan Bagaimana Mengintegrasikannya?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini