Mengenal Inovasi “Hydro Coil Turbine”, Pembangkit Listrik Portabel karya Tim Mahasiswa UNY

Tim UNY
Tim UNY Berinovasi membuat “Hydro Coil Turbine" Pembangkit Listrik Portabel. (Photo dok Rifani)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Tim Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi pembangkit listrik portabel atau yang bisa dipindah tempat. Mereka merancang pembangkit listrik “hydro coil turbine” dengan memanfaatkan aliran sungai sebagai sumber energi listrik ramah lingkungan.

Kelima mahasiswa UNY itu: Ahmad Rizal Rifani (Prodi D4 Teknik Mesin), Abdul Rosyid Hidayatullah (Prodi Fisika), Helmi Kusuma Perdana dan Khakam Ma’ruf (Prodi Pendidikan Teknik Mesin), serta Lutfi’ah Sungkar (Prodi PGSD).

Inovasi Hydro Coil Turbine rancangan mereka dapat beroperasi dengan aliran air yang tidak deras sehingga dapat diterapkan pada selokan dan jaringan irigasi yang banyak dibangun di daerah pedesaan.

Hydro Coil Turbine
“Hydro Coil Turbine” Pembangkit Listrik Portabel karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. (Photo dok Rifani)

Hydro Coil Turbine sudah dilengkapi kendali otomatis sehingga mampu menyesuaikan ketinggian air pada saluran pengairan dan mampu mengoptimalkan energi yang dihasilkan.

Menurut Ahmad Rizal Rifani salah satu anggota tim, jika tak ada aral melintang, dalam waktu 6 bulan lagi, inovasi bisa dinikmati masyarakat luas. Dengan demikian, warga bisa mendapatkan aliran listrik dengan didukung oleh kondisi alam sekitar.

Selengkapnya, mengenal inovasi “Hydro Coil Turbine”, Pembangkit Listrik Portabel karya Tim Mahasiswa UNY berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ahmad Rizal Rifani, anggota tim dan mahasiswa Prodi D4 Teknik Mesin UNY. (yes/ her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaApindo Jateng Sebut UMP Tak Pernah Dipakai Jadi Dasar Pengupahan
Artikel selanjutnyaLapas Wanita Bulu Komitmen Bebas Narkoba

1 KOMENTAR

  1. Jangan sampai lupa, pabila rancangan pembangkit listrik portable ini sudah jadi dan sukses diujicoba,..segera di patent kan.
    (Hak patent)
    Trims…

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini