Mengenal Inovasi Alat Penggoreng Rendah Kandungan Minyak karya Tim Mahasiswa UNY

Tim Health Fryer
Photo/Retno

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Tim Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) baru-baru ini membuat inovasi Alat Penggoreng Kerupuk Rendah Kandungan Minyak “Health Fryer”. Tim terdiri dari Retno Widyastuti dan Novita Wulandari prodi Pendidikan Fisika serta Reza Akhmad Mulyono prodi Teknik Manufaktur. Health fryer ini menggunakan sumber panas dari gas elpiji.

Alatnya seperti oven, tapi dibagian paling bawah terdapat tempat minyak, namun dalam menggoreng kerupuknya itu tidak langsung dengan minyak. Health Fryer terdiri dari 4 rak–dimana rak paling bawah merupakan tempat minyak dan 3 rak di atasnya adalah tempat menggoreng kerupuk. Metode penggorengannya menggunakan uap minyak panas yang berada dirak paling bawah.

Health Fryer
Inovasi Alat Penggoreng Kerupuk Rendah Kandungan Minyak “health fryer” karya tim mahasiswa UNY. (Photo dok Retno)

Apa istimewanya alat ini dibanding goreng krupuk pakai minyak seperti biasa?—Kita mendapatkan kerupuk rendah kandungan minyak, sehingga mengurangi dampak berbagai penyakit seperti kolesterol, jantung korener dan penyakit berbahaya lainnya.

Health Fryer
Alat penggoreng “health fryer” dibuat dalam waktu sekitar 1 bulan oleh tim mahasiswa UNY. (Photo dok Retno)

Selengkapnya, mengenal inovasi alat penggoreng kerupuk rendah kandungan minyak “health fryer” karya tim mahasiswa UNY, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Retno Widyastuti, Mahasiswi prodi pendidikan Fisika UNY. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaUang Nasabah Bank BUMN Dibobol Rp1,7 Miliar
Artikel selanjutnyaMelonjaknya Harga Kedelai, Apa Pokok Pangkal Masalah Sesungguhnya?