Mengenal Inovasi Smart Nurse Kreasi Siswi SMAN 5 Semarang

Aisyah Afnan, Siswi SMAN 5 Semarang
Aisyah Afnan, Siswi SMAN 5 Semarang berinovasi membuat alat Smart Nurse (Smanu) dan meraih Medali Emas dalam KOPSI. (foto: Aisyah dengan karyanya/dok Aisyah)

Semarang, Idola 92.6 FM – Siswi SMAN 5 Semarang Aisyah Afnan berinovasi membuat alat Smart Nurse (smanu). Alat ini berfungsi untuk memonitoring keadaan pasien dan cairan infus berbasis Internet of Things (IoT) yang nantinya bisa diakses melalui gawai maupun PC. Atas inovasinya itu, Aisyah meraih medali emas di Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KOPSI 2020. Ia berhasil mengungguli ribuan siswa lainnya dari seluruh Indonesia untuk kategori Fisika Terapan dan Rekayasa.

Smart Nurse pada penggunaannya bisa mengurangi kontak langsung antara tenaga medis (nakes) dengan pasien. Sehingga, risiko para tenaga medis untuk tertular covid-19 bisa diminimalkan.

Aisyah Afnan, Siswi SMAN 5 Semarang
Aisyah Afnan, Siswi SMAN 5 Semarang. (Photo: dok Aisyah Afnan)

Smanu berfungsi untuk mengukur suhu tubuh, detak jantung, dan kadar infus pada pasien. Smanu dibuat dengan langkah-langkah perancangan sistem, desain, perangkat keras, dan perangkat lunak.

Selengkapnya mengenai apa itu Smart Nurse dan pemanfaatannya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama sang inventor, Aisyah Afnan, siswi SMAN 5 Semarang. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMenuju Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi
Artikel selanjutnyaTidak Ada Ampun Bagi Oknum Polisi Pemakai Narkoba