Akses Jalan Desa Sudah Baik, Ekonomi Masyarakat Menggeliat

Jalan beton rigid
Warga menikmati akses jalan beton rigid.

Semarang, Idola 92,6 FM – Warga Desa Pesanggrahan di Kecamatan Kesugihan di Kabupaten Cilacap saat ini mulai menggeliat perekonomiannya, karena jalan penghubung empat desa telah diperbaiki dengan beton rigid. Jalan sepanjang delapan kilometer itu, saat ini semakin memudahkan akses transportasi bagi masyarakat sekitar dan mendongkrak perekonomian warga.

Kepala Desa Pesanggrahan, Tugiman mengatakan jalan yang melintasi daerahnya itu sebagai penghubung ke Desa Karang Jengkol, Keleng dan Ciwuni. Pembangunan jalan di desanya itu menggunakan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp5 miliar, bantuan gubernur sebanyak Rp7 miliar dan dari pemerintah kabupaten sebanyak Rp4 miliar. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Tugiman menjelaskan, dampak bagi perekonomian desa cukup dirasakan masyarakat sekitar. Terlebih lagi, di desa ada kampung durian yang menjadi unggulan desa.

Menurutnya, agro wisata kampung durian akan semakin menggeliat dengan akses jalan sudah bagus.

“Dulu jalan di sini rusak tidak bisa dilalui kendaraan, aspalnya pada mengelupas. Sekarang sudah dibuat beton rigid, bisa mulus. Ini akses dari Pesanggrahan sampai Ciwuni hingga Planjan arah Cilacap dan Tunggul Wulung,” kata Tugiman.

Lebih lanjut Tugiman menjelaskan, akses jalan yang sudah beton rigid itu akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Terlebih lagi, di daerahnya terdapat kampung durian yang bisa menjadi daya tersendiri.

“Kampung durian merupakan edukasi wisata, terutama di bidang budi daya durian dan palawija. Ini sedang kita rintis,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBappenas Siapkan Rencana Pengembangan Transportasi Masal di Kedungsepur
Artikel selanjutnyaTingkatkan Efektivitas Layanan ke Masyarakat, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Buat Komitmen Bersama