Mendag ke Pasar Rasamala Semarang Pastikan Stok Pangan Aman

Mendag ke Pasar Rasamala Semarang
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan peninjauan di Pasar Rasamala Banyumanik Semarang, Jumat (2/12).

Semarang, Idola 92,6 FM – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan, pasokan komoditas pangan di tengah masyarakat aman dan mencukupi serta terjangkau masyarakat. Hal itu dilakukan saat melakukan peninjauan di Pasar Rasamala Banyumanik Semarang, Jumat (2/12).

Zulhas datang ke Pasar Rasamala Banyumanik Semarang tidak sendirian, dengan ditemani Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peninjauan pantauan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Natal maupun libur Tahun Baru.

Menurut Zulhas, dari hasil pemantauan yang dilakukan memang rerata pedagang maupun pembeli kompak menyebut jika mulai ada kenaikan harga kebutuhan pokok.

Zulhas menjelaskan, beberapa kebutuhan pokok yang mulai mengalami kenaikan harga di antaranya adalah cabai rawit dan telur ayam ras.

Namun, ada beberapa komoditas yang memang tidak mengalami kenaikan alias stabil semisal tempe dan cabai merah kering serta bawang merah.

“Memang ada yang naik sedikit. Tapi secara keseluruhan inflasi kita turun. Sampai bulan ini kita 5,42 persen dan dibanding triwulan tiga kemarin itu 5,72 persen year to date. Jadi sebetulnya ada beberapa komoditas yang harganya turun,” kata Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas menjelaskan, untuk komoditas beras tidak ada masalah karena dijamin ketersediaan dan pasokan dari Bulog.

Saat ini, harga beras medium di tingkat pasar sebesar Rp9.450 per kilogram. (Bud)

Artikel sebelumnyaDestinasi Wisata di Jateng Mulai Berbenah Sambut Wisatawan Akhir Tahun
Artikel selanjutnyaApindo Jateng Keberatan Jika UMK 2023 Naik Sampai 8 Persen
Wartawan senior Radio Idola Semarang.