Mengenal Inovasi Boneka Geometri karya tim Mahasiswa UM Surabaya

Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya
Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya bersama inovasi boneka Geometri. (Photo dok Sindi)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Lima Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) berinovasi membuat Boneka Geometri Smart Solusi Pengurangan Limbah Plastik & Belajar Matematika Menarik. Mereka yakni dari Sindi Novelia (ketua tim), Nurusy Syahrotir Rohmah, Nida Faticha Risalah, Shofia Al Falah dan Triska Ilma Wardhani.

Boneka ini hadir dengan bentuk bangun datar geometri serta memiliki keunggulan berbeda dari boneka lain yaitu terdapat QR Code yang apabila di-scan akan terhubung dengan aplikasi belajar matematika.

Menurut Sindi, produk boneka yang dibuat bersama timnya menggunakan bahan utama dari limbah sampah plastik lembaran yang dijadikan isian boneka. Kain velboa grade A, dakron, limbah plastic, detergen, paperbag, stiker kemasan, hang tag, care label, kertas coklat, dan benang jahit.

Menurutnya, keunggulan serta manfaat boneka geometri smart yang dibuat bersama timnya adalah untuk belajar matematika, namun tetap perlu arahan dan dampingan dari orang tua.

Di bawah dosen pembimbing Junaidi Fery Efendi, Sindi dan tim berharap, boneka ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak SD di seluruh pelosok negeri.

Selengkapnya berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sindi Novelia selaku Ketua Tim/mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaCerita Pengguna Yang Pertama Lewat Tol Semarang-Demak
Artikel selanjutnyaGelaran Borobudur Marathon 2022 Berikan Dampak Ekonomi Bagi Pelaku Usaha Sekitar
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang