Mengenal Inovasi Saturasi Oksigen Online karya Rizky Hadi Saputra

Rizky Hadi Saputra
Rizky Hadi Saputra, mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Dinamika (Stikom) Surabaya bersama inovasinya alat monitoring saturasi oksigen melalui online. (Photo dok humas Undika)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Dinamika (Stikom) Surabaya Rizky Hadi Saputra membuat inovasi saturasi oksigen online. Dengan alat ini, para kerabat atau keluarga pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman) karena Covid-19 di rumah bisa memantau sendiri saturasinya.

Menurut Rizky, alat ini tersambung dengan sistem online yang bisa dikunjungi di website monitoringsaturasi.online. Saat pasien memasukkan jarinya ke dalam alat saturasi ini, maka hasilnya akan ditampilkan di layar dan juga di website tersebut.

Alat monitoring saturasi oksigen
Alat monitoring saturasi oksigen ini tersambung dengan sistem online yang bisa dikunjungi di website monitoringsaturasi.online. (Photo dok humas Undika)

Hanya butuh waktu sekitar 10 detik untuk mengetahui hasilnya. Alat yang dirancang Rizky selama kurang lebih empat bulan ini sudah diujicobakan pada beberapa rekannya dan nilai akurasinya mencapai 99%.

Saat ini Rizky sedang melakukan pengembangan alat tersebut agar bisa digunakan bersama.“Saat ini masih single user, harapannya ke depan bisa digunakan multi-user,”jelas Rizky kepada radio Idola pagi (14/03) tadi.

Alat monitoring saturasi oksigen
Dalam waktu sekitar 4 bulan, Rizky Hadi Saputra berhasil membuat alat monitoring saturasi oksigen melalui online. (Photo dok humas Undika)

Selengkapnya, mengenal inovasi saturasi oksigen online, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Rizky Hadi Saputra, mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Dinamika (Stikom) Surabaya. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPemprov Genjot Peningkatan Mutu Pendidikan di Jateng
Artikel selanjutnyaBagaimana Strategi dan Solusi agar Persoalan Pangan Betul-betul Bisa Kita Tuntaskan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini