Mengenal Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES bersama Dr. Evi Widowati

Tim Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES
Kepala Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES; Dr. Evi Widowati, S.KM., M.Kes (tengah) bersama Tim Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES. (Photo dok Evi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Dosen memiliki tugas tri Dharma perguruan tinggi yaitu mengajar, meneliti dan mengabdi. Dalam mengimplementasikan tugas tri dharma-nya, maka kegiatan dosen tidak bisa dipisahkan dari aktivitas publikasi, khususnya publikasi ilmiah untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian nya, pengabdiannya dan pengajarannya. Termasuk, memasukan hasil penelitian dan pengabdian nya ke dalam bahan ajarnya.

Menurut Dr. Evi Widowati, S.KM., M.Kes Kepala Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES/Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES), publikasi memiliki peran penting tidak hanya dalam mengembangkan bidang keilmuan namun juga meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Penganugerahan UNNES Journals Award
Penganugerahan UNNES Journals Award. (Photo dok Evi)

Selain itu, adanya Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi ini juga bertujuan mengkoordinasi jurnal. Tercatat, saat ini ada 175 jurnal pada masing-masing program studi di UNNES. Jumlah yang dimiliki UNNES ini termasuk cukup banyak di Indonesia. “Jurnal kita terindeksasi di nasional dan internasional,” kata Dr Evi Widowati kepada radio Idola, pagi (05/12) tadi.

Koordinasi dan konsolidasi Pusat Jurnal
Koordinasi dan konsolidasi Pusat Jurnal dengan Fakultas Ekonomi UNNES. (Photo dok Evi)

Saat ini, lanjut Evi, Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Unnes juga ditunjang 4 tim. Lalu siapa saja yang bisa melihat jurnal di UNNES? Bagaimana sistem seleksinya?

Evi Widowati
Dr. Evi Widowati, S.KM., M.Kes Kepala Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES/Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang. (Photo dok Evi)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dr. Evi Widowati, S.KM., M.Kes Kepala Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi UNNES/Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnya153 Ribu Nelayan Terdatar Program BP Jamsostek
Artikel selanjutnyaIndonesia Menuju Transisi Energi, Seberapa Jauh Kesiapan Kita?
Editor In Chief Radio Idola Semarang.