Mengenal Siska Nirmala, Owner Toko Nol Sampah dan Penggagas Zero Waste Adventure dari Bandung

Siska Nirmala
Siska Nirmala owner toko Nol Sampah Bandung dan penggagas Zero Waste Adventure. (Photo: IG/zerowasteadventure)

Bandung, Idola 92.6 FM – Kepeduliaannya pada lingkungan tak hanya saat sosok satu ini berpetualang mendaki satu gunung ke gunung lain. Kecintaan pada lingkungan ia wujudkan dengan membuka toko Nol Sampah di Bandung.

Sosok pegiat lingkungan itu adalah Siska Nirmala, owner toko Nol Sampah Bandung dan penggagas Zero Waste Adventure. Toko Nol Sampah terletak di Jl. Bima Kecamatan Cicendo Kota Bandung ini merupakan toko kelontong yang mengusung konsep zero waste dengan cara tidak menghasilkan sampah khususnya sampah plastik dalam transaksi jual belinya.

Sebelumnya, perempuan kelahiran Bandung ini dikenal sebagai pendaki, penulis, dan pernah menjadi wartawan. Toko Nol Sampah didirikan pada tahun 2020 dan menjadi salah satu dari sekian tempat mempromosikan konsep zero waste. Siska sendiri telah menerapkan gaya hidup ini lebih dari 10 tahun.

Siska Nirmala
Siska Nirmala penggagas Zero Waste Adventure, mendaki gunung bawa bekal tanpa menyisakan sampah. (Photo: IG/zerowasteadventure)

Apa itu Zero Waste Adventure? Mendaki gunung tanpa meninggalkan sampah. Caranya dengan membawa bekal tanpa kemasan plastik atau yang berpotensi menjadi sampah baru. Selain itu, membawa sayur atau buah sebagai pengganti kudapan hingga tidak membawa botol minum dan makanan dalam kemasan.

Konsep yang diusung Siska dan temannya ini semakin menjadi kenyataan lewat ekspedisi nol sampah yang dilakukan pertama di Gunung Gede, bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro pada September 2013. Ekspedisi berlanjut ke Papandayan dan Tambora di tahun 2014. Selanjutnya, ke gunung Lawu dan Argopuro pada tahun 2015.

Siska Nirmala
Siska Nirmala tetap setia dengan bekal-bekalnya untuk menuju zero waste. (photo dok IG Siska)

Semua perjalanan pendakian tersebut, selanjutnya oleh Siska ditulis menjadi sebuah buku dengan judul Zero Waste Adventure (Ekspedisi Pendakian Lima Gunung tanpa Menghasilkan Sampah).

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Siska Nirmala, Owner toko Nol Sampah Bandung dan penggagas Zero Waste Adventure. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDua Klaster Jadi Pemetaan Dinkes Jateng
Artikel selanjutnyaBeri Kemudahan Bagi Masyarakat Selama Pandemi, Jtrip Ekspansi Pasar ke Semarang