Mengenal Vania Febriyantie, Inisiator Seni Tani dari Bandung

Vania Febriyantie
Vania Febriyantie Petani Kota/Inisiator Seni Tani dari Bandung Jawa Barat. (Photo dok Vania)

Bandung, Idola 92.6 FM – Melihat banyaknya lahan tidur yang terbengkalai milik pemerintah setempat, membuat sekelompok anak muda di Bandung menginisiasi Seni Tani untuk mencari solusi agar lahan tersebut tetap produktif. Selain itu, keinginan untuk menciptakan akses pangan lokal di daerah sendiri menjadi motivasi Seni Tani.

Tim Seni Tani dari Bandung
Tim Seni Tani dari Bandung sebelum ke lahan untuk memanen hasil pertanian. Mereka memanfaatkan lahan tidur/kosong di perkotaan. (Photo dok Vania)

Anak muda itu adalah Vania Febriyantie, inisiator Seni Tani dari Bandung Jawa Barat. Vania dan timnya menjadi Petani Kota dengan Advance Payment. Vania dan rekan-rekannya mengangkat tren urban farming yang merupakan konsep bercocok tanam di lingkungan rumah perkotaan.

Tim Seni Tani dari Bandung
Tim Seni Tani dari Bandung siap-siap memanen aneka sayuran di lahan kota. (Photo dok Vania)

Kepada radio Idola, Vania mengatakan dirinya juga bergabung dalam komunitas 1000 kebun.”Bertani tidak boleh mencemari, dan harus berkesinambungan,”tutur Vania.

Tim Seni Tani dari Bandung
Tetap semangat di tengah pandemi Covid-19. Tim Seni Tani dari Bandung tak lelah untuk bercocok tanam. (Photo dok Vania)

Atas kiprah Seni Tani yang menggerakkan bidang pertanian di lahan perkotaan, Vania meraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2021 kategori khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Vania Febriyantie, Inisiator Seni Tani dari Bandung Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMemahami Crypto dan Bagaimana Mestinya Kita Menyikapinya?
Artikel selanjutnyaPemkot Tegal Minta Izin Melaut Dimudahkan
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang