Perusahaan di Jateng Mulai Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

Teknisi CV Jaya Setia Plastik
Teknisi CV Jaya Setia Plastik memeriksa pasokan listrik yang dihasilkan PLTS.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sejumlah perusahaan di Jawa Tengah mulai menerapkan energi ramah lingkungan, dan mengembangkan energi baru terbarukan (EBT). EBT merupakan energi yang bersumber dari proses alam, mulai dari tenaga surya dan tenaga angin hingga arus air maupun panas bumi.

Deputy General Manager Engineering PT Djarum Suwarno mengatakan perusahaannya mendukung upaya pemerintah, dalam pengembangan EBT dengan pemakaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS telah dikembangkan secara bertahap sejak 2020, dan saat ini yang terpasang memiliki kapasitas 2.192 KWp. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Suwarno menjelaskan, pengembangan EBT juga dilakukan dengan pemakaian bahan bakar alternatif semisal biomassa. Selain ramah lingkungan, juga bersih emisi dan lebih murah dibanding bahan bakar semacam gas dan minyak.

Menurutnya, PT Djarum nantinya juga akan menerapkan panel air dengan pembuatan pond di lokasi Oasis. Tujuannya, untuk mengurangi pemakaian air bawah tanah.

“Djarum berharap, tidak hanya Djarum tetapi perusahaan-perusahaan lain bahkan lembaga-lembaga yang terkait bisa meniru apa yang sudah dilakukan Djarum,” kata Suwarno.

Sementara itu perusahaan lainnya adalah CV Jaya Setia Plastik di Kabupaten Demak, yang bergerak di bidang plastik dan mainan anak.

Bagian Kelistrikan CV Jaya Setia Plastik Saiful menyatakan, perusahaannya sudah memakai PLTS sebagai pemenuhan kebutuhan energi listrik untuk produksi.

Menurutnya, selain menyokong kebutuhan listrik PLTS juga lebih irit pengeluaran dan ramah lingkungan.

“Kalau kebutuhan keseluruhan pabrik sekitar 4 MW. Sekarang sudah ada PLTS yang menopang sekitar 10 sampai 20 persen kebutuhan listrik,” ujar Saiful. (Bud)

Artikel sebelumnyaMudahnya Berinvestasi di Jateng Jadi Incaran Calon Investor
Artikel selanjutnyaOJK Dirikan Posko Literasi Keuangan di Tiap Desa di Jateng
Wartawan senior Radio Idola Semarang.