Antisipasi Puncak Arus Mudik Lebaran, Pertamina Siagakan Layanan Pengisian BBM

Rest Area KM 379A
Seorang pengendara sedang mengisi BBM di SPBU Rest Area KM 379A.

Batang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah siap mengantisipasi puncak arus mudik Lebaran, yang diperkirakan bisa lebih lama dari tahun sebelumnya.

Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan terjadi lebih dari satu hari, mengingat libur hari raya yang ditetapkan pemerintah cukup lama.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, diprediksi puncaknya terjadi pada 18 April-19 April 2023. Hal itu dikatakan saat melakukan pemantauan kesiapan SPBU di Rest Area 379A, Kamis (6/4) sore.

Ega menjelaskan, pihaknya ingin memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) di ruas jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Bagian Tengah tidak terjadi kendala.

Tidak hanya soal stok BBM di SPBU rest area saja, tetapi juga kesiapan seluruh personel dan sarana prasarana penunjangnya.

Menurutnya, seluruh SPBU yang berada di ruas jalan tol Trans Jawa dipastikan siap melayani para pemudik maupun kendaraan angkutan logistik lainnya.

“Ada wilayah-wilayah tertentu yang menjadi konsentrasi perhatian kami. Karena prediksinya setelah puncak (mudik) tidak langsung turun tapi datar, mengingat liburnya cukup panjang. Tidak hanya di ruas jalan tol, tapi juga di jalan-jalan lokal diperkirakan permintaan akan BBM mengalami peningkatan,” kata Ega.

Lebih lanjut Ega menjelaskan, untuk di wilayah jalan tol Trans Jawa di wilayah Jateng pihaknya memberikan penambahan titik layanan.

Pada Lebaran tahun sebelumnya baru tersedia tujuh SPBU, saat ini sudah tersedia sembilan SPBU.

Empat SPBU berada di ruas to dari Jakarta menuju Surabaya, dan lima SPBU dari Surabaya menuju Jakarta.

“Kami juga menyiapkan layanan pengisian tambahan berupa 12 unit Pertashop dan satu unit SPBU modular,” pungkasnya. (Bud)