Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Berenergi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Ilustrasi Puasa
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Bagi sebagian orang, badan akan terasa lebih lemah dan tidak berenergi saat sedang berpuasa. Itu sesungguhnya sesuatu yang wajar. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap fit dan berenergi meskipun kita sedang berpuasa.

Menurut Sarah, Ketua Divisi Hubungan Antarlembaga Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit dan berenergi selama melaksanakan ibadah puasa. Beberapa hal itu, antara lain:

  1. Pilih makanan yang tetap saat berbuka dan sahur. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang cukup dan komposisi yang benar. antara karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, dan mineral.
  2. Saat buka dan sahur, hindari makanan berlemak agar perut terasa lebih nyaman.
  3. Saat Anda mulai mengalami rasa lemas dan tidak berenergi di siang hari, tetap jalani aktivitas seperti biasaa karena sel-sel tubuh akan tetap berproses untuk menghasilkan energi dari berbagai cadangan energi di dalam tubuh.
  4. Konsumsi air putih yang cukup. Pastikan anda mengonsumsi air mineral sekira 2 sampai 3 liter.
  5. Hindari aktivitas berat di siang hari. Coba beristirahat di tempat sejuk dan gelap, untuk menghindari kelelahan.
  6. Jika Anda akan melakukan olahraga, maka lakukan aktivitas olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau yoga.
  7. Tetap berpikir positif. Beri sugesti pada diri sendiri bahwa tubuh Anda akan selalu tetap fit dan berenergi selama berpuasa.

Selengkapnya, berikut ini tips “Puasa Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Sarah, Ketua Divisi Hubungan Antarlembaga Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. (ast/her)

Simak tips selengkapnya: